zetizen.com- Stereotip anime hanya bisa dinikmati oleh anak kecil dan sebatas kartun dengan genre hiburan ringan masih melekat di sebagian besar masyarakat. Padahal alur yang kompleks dan narasi yang ditawarkan anime semakin lama makin bervariasi mengikuti genre yang semakin beragam. Salah satu animator yang saat ini sedang mendapat perhatian berkat masterpiece-nya, Makoto Shinkai, merupakan sang master dalam meghanyutkan penonton lewat animasi yang dibuatnya.

Kimi No Nawa

Nggak asing kan dengan anime Kimi No Nawa atau Your Name yang booming di tahun 2016 silam? Dengan susunan alur cerita yang apik, soundtrack musik yang indah dipadukan hantaran animasi yang smooth dan hidup terdapat kehadiran seorang Makoto Shinkai, sang animator bertangan dingin dari Nagano. Kimi No Nawa sendiri menceritakan seorang perempuan dan laki-laki yang saling bertukar tubuh ketika mereka tidur. Untuk mencegah keadaan semakin kacau, mereka selalu menuliskan setiap kejadian agar ketika kembali ke tubuh semula dapat menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi.

Dilansir dari Anime News Network, Kimi No Nawa berhasil meraup pendapatan sebesar 25,03 miliar yen. Anime tersebut berhasil membuat comeback Makoto Shinkai di indsutri animasi kembali mendongkrak. Sebab, rating dan pendapatan yang diperoleh berhasil menjadikan anime ini sejajar dengan beberapa anime legend dari Studio Ghibli, seperti Ponyo dan Howl's Moving Castle. Pria berdarah Aquarius ini memang dikenal dengan anime-nya yang selalu mengangkat kehidupan anak muda yang melibatkan emosi dan tentunya permainan animasi yang sangat hidup.

Tenki No Ko

Memulai karirnya sebagai seorang design grafis di salah satu perusahaan game di Jepang, Shinkai, sapaan akrabnya mulai menyentuh ranah animasi film yang diawali dengan animasi pendek monokrom yang berjudul She and Her Cat di tahun 1999. Nama Shinkai kembali mencuat begitu merilis project animasi yang berjudul 5 Centimeters Per Second (秒速5センチメートル Byōsoku Go Senchimētoru) tahun 2007 yang memanjakan penonton dengan visualisasi roman yang kaya dan penggambaran tokoh yang secara riil.

Buat kalian yang rindu dengan karya Makoto Shinkai, film anime terbarunya yang bertajuk Tenki No Ko akan tayang pada 19 Juli 2019 mendatang. Siap-siap untuk diberi asupan visualisasi dan alur cerita yang fresh dan melankolis ala Makoto Shinkai. Nah, kalau dari kalian anime karya Makoto Shinkai mana yang jadi favoritmu?

Share
Create Your Own Article!