Zetizen.com - Idul Fitri memang hari kemenangan yang ditunggu tunggu umat muslim setelah 30 hari melaksanakan ibadah puasa. Tapi, selain menunggu nikmatnya momen berkumpul saat lebaran, ada satu hal lagi nih yang jadi incaran saat lebaran datang, yaitu THR. Yap, tambahan uang saat hari raya ini emang jadi alternatif yang pas untuk mewujudkan keinginan yang masih belum terwujud. But, walaupun tambahan “cuma-cuma” ini telah kamu dapatkan, bukan berarti kamu bisa bebas dan jadi nggak bijak dalam mengelolanya ya. Yuk intip gimana cara managed uang THR-mu biar lebih bermanfaat dan anti useless.

Pilih Prioritas

(foto:pinterest)

Anyway, belajar untuk mengenal prioritas memang udah harus kita pahami sejak dini. Dengan paham mana yang pantas di prioritaskan, kita akan lebih bijak dalam mengambil sebuah keputusan. THR yang sudah di tangan juga harus dipikirkan mau diprioritaskan kemana. Jangan sampai kebutuhan yang sangat mendesak akan kamu lewatkan demi mendahulukan hal-hal yang kurang urgent.


Manfaatkan Diskonan Lebaran

(foto:pinterest)

Kalau kamu punya incaran barang yang akan kamu beli saat mendapatkan uang THR, coba deh cari informasi diskonan lebaran yang bisa dijadikan peluang meminimalisir pengeluaran budget saat hari raya. Banyak banget kok pilihan diskon yang ada saat menjelang lebaran tiba. Usahakan pikirkan matang-matang tentang harga barang tersebut. Jangan sampai kamu menyesal ya! Hihi...


Cari Promo Liburan Dari Jauh Hari

(foto:pinterest)

Nggak jarang orang memilih menggunakan THR-nya untuk tambahan budget liburan hari raya. Selain momen yang pas, liburan ke tempat tempat baru bisa bikin kamu makin fresh sebelum mulai beraktifitas lagi. Nah biar THR bisa cukup buat penginapan, transportasi dan uang jajan saat liburan, kamu bisa cari promo liburan dari jauh-jauh hari. Karena kadang biaya transportasi bakal bertambah mahal saat kamu membelinya di momen high season seperti ini.


Punya Hutang? Bayar Dulu!

(foto:pinterest)

Salah satu prioritas yang harus di dahulukan adalah melunasi hutang yang kamu punya supaya nggak makin menumpuk. Dengan memprioritaskan THR untuk membayar utang, kamu jadi akan merasa tenang jika akan membeli sesuatu. Karena sudah nggak ada beban keuangan lagi deh!


Sisihkan Untuk Tambahan Tabungan

(foto:pinterest)

Dapat THR saat hari raya bukan berarti kamu bisa bebas foya-foya dengan uang itu ya. Jangan lupa sisihkan untuk tabungan tambahanmu dan berhenti bersikap konsumtif. Kamu bisa mencoba membuka rekening tabungan baru dan mulailah belajar menabung untuk investasi di masa depan.

 Yakin masih mau menghamburkan uang THR?

Penulis: Nurmelia Chandra

Editor: Dina Mayliani


Share
Create Your Own Article!