Zetizen.com - Momen berkumpul dengan keluarga besar saat lebaran memang paling ditunggu tunggu. Tapi banyak banget ungkapan basa-basi yang bakal sering kita denger dari saudara atau orang yang udah lama nggak ketemu. Somehow, obrolan itu worth it banget untuk memecah keheningan. Sebab, basa-basi memang cara paling ampuh buat mengawali obrolan supaya nggak canggung. But, sering banget kalimat basa basi dibawah ini yang justru bikin kesel dan dapat menyakitkan hati.

“Udah besar ya! Habis ini punya pacar nih!”

(foto:pinterest)

Sering banget kalimat ini dipakai buat memulai obrolan. Sebenarnya nggak ada yang perlu dipermasalahkan dengan kalimat ini. But, setiap tahun orang akan bertumbuh secara alami dan setiap tahun pula orang akan memulai basa basi ini dengan sama. Kamu harus sabar nih kalau kalimat ini udah muncul karena otomatis pertanyaan soal pacar akan ikut jadi bahan basa basi.

"Iya, dong. Nanti Tante aku kenalin sama Yayang aku yaa," 


“Kamu nggak usah ya, kan udah besar.”

(foto:pinterest)

Yang bikin kalimat “udah besar” jadi makin nyebelin adalah kenyataan bahwa kita bakal nggak dapet tambahan THR dari saudara. Kamu emang harus lebih berbesar hati dan menerima kenyataan kalau THR harus terlewatkan. Padahal udah niat beli barang pakai tambahan THR. Huhu.

"Ehehe. Gak papa kok. Kan aku abis gini punya uang sendiri :)"


“Kamu kurusan/gendutan deh”

(foto:pinterest)

Kalimat basa basi ini memang mudah banget menyakitkan hati. Kalau kamu dapet pernyataan kayak gini, mending jawab dengan senyuman dan ajak membicarakan hal lain. Basa-basi tentang fisik sebaiknya memang dihindari karena itu bisa masuk ke body shaming loh.

"Ehehe. Artinya aku bahagia looh,"


“Kapan wisuda? Kok nggak lulus-lulus.”


Bagi mahasiswa semester akhir, kalimat basa-basi yang satu ini memang nightmare banget. Orang lain mungkin menganggap itu hanya sekedar pertanyaan biasa, tapi siapa sangka kalau ke-kepo-an itu bikin makin tertekan. Pemilihan kata yang kurang baik bisa jadi menyakitkan hati lawan bicara. So, coba pakai kata-kata yang lebih enak didengar seperti “gimana kuliahnya?”. Kamu yang sabar, ya. Hihi.

"Wah, nggak tahu prosesnya sihh,"


“Si A masuk SMA favorit loh. Kamu dimana?”

(foto:pinterest)

Mungkin orang orang harus lebih belajar memilih kata kata dalam berbicara ya. Buat kamu yang pernah dapet kalimat pertanyaan kayak gini, tetap semangat dan tunjukan bahwa kamu lebih baik dari orang yang menjadi pembandingmu. Walaupun bikin kesel, semoga kamu bisa melewati dengan baik. Ganbatte!

"Rahasia dong. Nanti surprise looh,"

Jadi mana nih yang paling related sama kamu?

 

Penulis: Nurmelia Chandra

Editor: Dina Mayliani


Share
Create Your Own Article!