Zetizen.com - Sudah nonton Black Mirror Season 5? Setelah dirilis hari Rabu (5/6) kemarin, web series dari Netflix ini langsung bikin tercengang. Meski cuma ada 3 episode, namun series yang disutradarai oleh Charlie Brooker ini menuai review positif. Psst, di balik kisahnya yang futuristis, sebenarnya kamu melewatkan beberapa hal ini loh.

Kembalinya TCKR

(foto:Pinterest)

Masih ingat sosok pemilik Black Museum yang muncul di season sebelumnya? Atau San Junipero, tempat di bawah alam bawah sadar yang diciptakan oleh perusahaan teknologi bernama TCKR? Yap! Kamu bisa menemukan TCKR kembali di episode Striking Viper. TCKR memproduksi game dengan judul yang sama dan mampu membawa pemain ke alam bawah sadar.


Alat Mirip Episode Entire History of You

(foto:IMDB)

Sejak season 1 dirilis, demam Black Mirror langsung menyebar. Salah satu korbannya adalah Robert Downey Jr, pemeran Iron Man. Ia menyarankan publik untuk menonton episode Entire History of You dari Season 1. di episode ini, ada sebuah alat yang terpasang di otak untuk menyimpan semua memori dan bisa dipertontonkan ke orang lain.

Di Striking Vipers, alat yang nggak jauh berbeda juga digunakan oleh Danny (Anthony Mackie) dan Karl (Yahya Abdul-Mateen II) ketika bermain Striking Vipers.


Dua Hero Marvel Bermain dalam Satu Episode

(foto:Pinterest)

Dua bulan setelah Avengers: Endgame dirilis, rasanya hype Marvel masih terasa hingga kini. Brooker tahu betul cara untuk menarik penonton. Caranya dengan menempatkan Pom Klementieff, pemeran Mantis dan Anthony Mackie, pemeran Falcon dalam episode Striking Vipers. Hayo, kamu nyadar nggak?


Moriarty Hidup Kembali

(foto:Netflix)

Sherlockian (penggemar tokoh fiksi Sherlock Holmes), pasti kenal betul dengan sosok Moriarty dalam Sherlock Holmes the Series yang diperankan oleh Andrew Scott. Sorot matanya yang tajam dan akting yang depresif membuatnya tampak sebagai seorang kriminal sejati. Hal itu yang dibawa oleh Brooker dalam episode Smithereens. Aktingnya nggak jauh beda. Depresif dan frustasi. Bedanya, disini Scott bakal bikin kita nangis bombay!


Mobil Retro yang Sama

(foto:IMDB)

Cermati episode Striking Vipers ketika Danny membuka kotak hadiah dari Karl. Di meja, ada miniatur mobil retro yang juga muncul di Black Museum serta San Junipero


Kecanduan Sosmed

(foto:Pinterest)

Masih ingat rasa merinding yang dirasakan ketika nonton episode Nosedive? Yap! Di Smithereens, kamu bakal menemukan orang-orang yang sangat kecanduan sosmed.


Terhubung dengan Bandersnatch

(foto:Pinterest)

Sudah nyobain berapa ending di Bandersnatch? Di salah satu ending, ada scene ketika game buatan Stefan dibawakan dalam salah satu acara TV. Nah, di bagian running footage, ada tulisan “Senate committee grills Smithereen CEO Billy Bauer over Russian bots” yang merujuk pada episode Smithereens. Wah, jangan-jangan episode ini dibuat sebelum Bandersnatch rilis.


Pemindahan Otak

(foto:Netflix)

Dalam Rachel, Jack and Ashley Too, Miley Cyrus berperan sebagai Ashley O, bintang pop yang tiba-tiba koma. Kesadaran otak sekaligus memorinya pun disimpan, bahkan dirilis dalam bentuk lagu. Hal ini mengingatkan kita pada episode White Christmas dan Entire History of You.


Anybody Who Knows What Love Is (Will Understand) Dinyanyikan Lagi

(foto:DailyExpress)

Waktu episode Fifteen Million Merits di season sebelumnya dirilis, lagu Anybody Who Knows What Love Is (Will Understand) sempat jadi trending topic. Lagu ini juga muncul di White Christmas, Men Against Fire hingga Crocodile. Sekarang, mari kita menyanyikannya lagi di episode Rachel, Jack and Ashley Too.


Dialog yang Sama

(foto:DailyExpress)

Wah, ini sih super keren. Jadi, waktu Billy Bauer, sosok penting di Smithereens lagi telponan sama Chris Gillhaney (Andrew Scott) di episode Smithereens, dia bilang “I hear you. I know how you feel”. Dan hal yang sama dikatakan oleh Catherine (Susan Pourfar), tantenya Ashley di episode Rachel, Jack and Ashley Too. Wah, apa jangan-jangan keduanya punya hubungan spesial?


Venom jadi Baik

(foto:Pinterest)

Sosok Venom di Spiderman 3 (2007) terlihat menakutkan dan jahat. Disini, Topher Grace, pemeran Venom akan memerankan sosok penyelamat yang super ganteng!

*

Penulis: Rafika Yahya


Share
Create Your Own Article!