Berita mengejutkan kembali datang dari negeri ginseng yang dikenal dengan inudstri musik K-Pop nya. Isu terhangat yang tengah menimpa Hanbin atau B.I iKON ini tengah menjadi sorotan netizen perihal masalahnya yang berkaitan dengan narkoba hingga keputusannya untuk keluar dari boygroup iKON. Seperti apa sih kronologinya?

Kim Hanbin atau yang dikenal dengan nama panggung B.I merupakan salah satu member sekaligus seorang leader di boygroup iKON. Bersama enam anggota lainnya, boygroup yang terdiri atas Jinhwan, Yunhyeon, Bobby, Jay, Ju-ne, Donghyuk dan Chanwoo ini sudah menapaki industri K-Pop sejak tahun 2015. Namun, sang leader harus menerima kabar tak sedap akibat berita transaksi narkoba yang menimpanya.

Penelusuran Dispatch

Dispatch di kenal sebagai media yang sering me-reveal skandal selebriti ternama di Korea Selatan. Mulai dari skandal pacaran hingga yang terlibat kasus kriminal, Dispatch telah menjadi paparazzi handal  yang invisible dan hasil beritanya hampir selalu kredibel. Baru-baru ini netizen dikabarkan dengan rilisan Dispatch terbaru yang menunjukkan percakapan antara Hanbin dengan Mr. A yang merupakan seorang bandar narkoba pada April 2016. Dalam percakapan melalui aplikasi Kakaotalk tersebut, tampak Hanbin mengatakan rasa penasarannya untuk mencoba narkoba jenis LSD dan Marijuana.

Screenshot chat Hanbin dan Mr. A

source: kstarlive

‘’ Aku sangat ingin mencobanya setiap hari, tapi harganya sangat mahal’’ tulisnya dari salah satu dialog tersebut.

Berdasarkan percakapan dan investigasi, Hanbin memang tidak mengonsumsi narkoba. Namun, highlight dari percakapan tersebut mengindikasikan keinginan Hanbin yang ingin mencoba menggunakan narkoba.

YG dan Tes Narkoba

Setelah screenshot dari KakaoTalk tersebut menyebar dengan cepat,  orang-orang mulai berasumsi bahwa YG tidak melakukan tes narkoba secara mendetail terhadap artisnya. Pasalnya YG Entertainment  dikenal sebagai agensi yang sangat strict apabila telah menyangkut narkoba. YG segera menampik rumor tersebut dan mengatakan bahwa B.I positif tidak menggunakan narkoba saat menjalani tes urine di tahun 2016 bersama member iKON yang lain.

Menanggapi berita tentang Hanbin, YG Entertainment segera membuat pernyataan maaf karena telah mengecewakan banyak orang karena kasus ini.

‘’ Halo, ini YG Entertainment. Kami menundukkan kepala dan meminta maaf karena masalah yang tengah menimpa salah satu artis kami, Kim Han Bin yang telah mengecewakan banyak orang. YG akan lebih bertanggung jawab lagi dalam mengelola artis agensi kami, dan sekali lagi kami mengucapkan permintaan maaf yang tulus karena telah mengekhawatirkan banyak orang’’ tutur perwakilan dari YG dilansir dari Newsweek.

B.I Resmi Keluar dari iKON

Fans kembali dikagetkan dengan posting instagram Hanbin melalui akun pribadinya @shxxbi131 pada Rabu tanggal 12 Juni 2019 kemarin yang menyatakan dirinya keluar dari boygroup iKON dan telah memutuskan kontrak dengan agensi.

‘’Pertama-tama saya ingin mengucapkan permintaan maaf terkait perbuatan saya yang tidak pantas. Memang benar saya ingin mencoba bergantung pada sesuatu yang seharusnya tidak saya coba untuk membantu saya melewati masa-masa yang sulit. Namun, saya sendiri merasa takut untuk melakukannya’’ tulis Hanbin.

Postingan Instagram Hanbin yang berisi permintaan maaf 

source: @shxxbi131 instagram

Kalimat berikutnya, Hanbin kembali meminta maaf dan memutuskan untuk keluar dari grup sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kesalahannya. ‘’ Saya sangat malu dan meminta maaf pada fans yang sebesar-besarnya karena tindakan saya yang mengecewakan.  Saya bermaksud merefleksikan diri dengan rendah hati dan saya akan keluar dari grup’’ sambungnya.

Keluarnya Hanbin dari iKON semakin diperkuat dengan konfirmasi yang dikeluarkan oleh pihak YG. Bahwa mereka telah menjadikan masalah ini sebagai masalah yang serius dan Hanbin telah memutuskan untuk meninggalkan grup dan mengakhir kontrak dengan YG.

Penyalahgunaan narkoba menjadi salah satu pelanggaran serius di Korea Selatan dan tersangka bisa mendapat hukuman selama lima tahun penjara. Sebagai salah satu agensi besar, tentu YG Entertainment mengambil kebijakan serius sebagai bentuk pertanggung jawaban dari sang artis.

Dear iKONIC, stay strong dan tetap support IKON yang sekarang ya! Karena seperti yang dikatakan oleh Han Bin,

 "iKON's final goal is to be together for a long time, continue doing music happily, iKON forever!".

 

 

Share
Create Your Own Article!