zetizen.com - Hayo, siapa yang suka keasikan ngobrol sampai nggak sadar kalau tiba-tiba ngomong kasar? It's not that good, guys! Pasti ada orang-orang yang bakal menilai kita kurang sopan kalau kita ketahuan ngomong kaya gitu. Zetizen punya tips biar kalian nggak sering keceplosan ngomong kasar, lho! Penasaran?

Minta Temen Ngingetin

(foto:Unsplash)

Yah, gimana-gimana, kita pasti bakal lebih sering ngomong kasar waktu lagi ngobrol atau cangkruk bareng temen-temen deket. Mereka bakal paham lah, kalau kamu mau mengurangi budaya ngomong kasarmu. Kalau perlu, kamu bikin perjanjian atau ajak temenmu ngurangin ngomong kasar juga. Misal, yang paling banyak ngomong kasar sepanjang nongkrong, nanti traktir temennya yang lain.


Nabung Setiap Keceplosan

(foto:Unsplash)

Nih, selain bisa buat ngurangin kebiasaan ngomong kasarmu, kamu bisa menambah pundi-pundi kekayaanmu, lho! Pertama, kamu harus komitmen buat selalu masukin uang, nominal berapapun, ke dalam tempat yang sudah kamu siapkan setiap kali kamu ngomong kasar. Di akhir bulan, siapa tahu tabungannya bisa dipakai untuk beli baju baru. Menguntungkan, kan?


Lakukan Sesuatu Saat Keceplosan

(foto:Wattpad)

Hal ini bisa dengan cara mencubit atau menyelentik tangan sendiri, atau hal-hal lain yang menimbulkan rasa sakit atau 'kaget yang disengaja'. Kenapa? Aktivitas seperti ini bisa mengubah cara pikir otak kita untuk menghindari melakukan hal-hal tersebut. Jadi, secara tidak langsung juga mengubah alam bawah sadar kita dalam berpikir dan bertindak.


Hindari Pengaruh Buruk

(foto:Unsplash)

Pengaruh buruk bisa berasal dari teman sendiri, lagu-lagu yang berbasis rebel atau bahkan lingkungan sekitar yang 'kurang sehat'. Yang namanya kebiasaan seringkali didapat dari hal-hal yang dialami atau ditemui setiap hari. So, if you want to stop swearing, kamu bisa mulai dengan menghindari pengaruhnya.


Diplesetin Aja

(foto:pinterest)

Kalau sudah terlanjur ngomong kotor, jangan pusing dong. Zetizen punya tips yang seru dan lucu. Kamu bisa mengubah kata-kata makian dan kata-kata kasarmu jadi kata-kata yang normal, misalnya kamu bisa plesetin kata 'Anjing' dengan lagu yang dibikin sama CameoProject disini, nih! Kamu juga bisa memutus kata kasarmu ditengah-tengah menjadi kata lain, misal "JAN...tungku berdebar saat kau menatapku~" ala-ala D'Bagindas.


Share
Create Your Own Article!