zetizen.com - Setelah beberapa waktu yang lalu para pecinta gadget sempat ramai karena kemampuan kamera yang dipunyai Huawei P30 Pro, sekarang datang penantang baru bernama Oppo Reno 10x Zoom. Yap, smartphone yang akhir-akhir ini lagi ramai dibicarakan ini, punya fitur-fitur yang nggak kalah dari Huawei P30 Pro, termasuk dalam hal kamera. Kira-kira siapa yang menang? Let's check!

 

Kamera: Which One Zooms Better?

(foto:YouTube: TechZG)

Kamera jadi hal utama yang digaris bawahi di antara dua produk ini. Okaykalau kita berbicara tentang zoom, pemenangnya Oppo Reno 10x Zoom. Oppo Reno 10x mampu melakukan zoom optical sebesar 10x dan zoom digital sebesar 6x (total 60x) dimana Huawei P30 Pro cuma bisa mencapai total zoom sebesar 50x. Gambar yang dihasilkan oleh Oppo Reno 10x juga lebih tajam dan punya brightness yang lebih baik. Begitu pula untuk masalah warna dan exposure, gambarnya bakal kelihatan lebih berkualitas di Oppo Reno 10x.

Eits, hal-hal tersebut bukan berarti membuat Huawei P30 Pro jadi jelek banget untuk masalah kamera. Meskipun sedikit tertinggal untuk beberapa aspek, Huawei P30 Pro punya kamera yang lebih baik untuk low-light atau gambar dengan pencahayaan yang kurang. Untuk gambar-gambar dengan super wide-angle dan wide-angle, Huawei P30 Pro juga masih lebih diunggulkan. Huawei P30 Pro juga punya hasil yang lebih menakjubkan untuk mengambil foto close-up.

---

Conclusion: Buat hal ini, Zetizen bakal kasih seri untuk kedua sisi. Kalau kamu mau memilih, sebenarnya tergantung fungsi yang bakal lebih sering kamu pakai. Kalau kamu mau lebih sering mengambil foto-foto dengan detail yang menakjubkan buat seluruh objeknya (termasuk pencahayaan dipagi/siang hari), Oppo Reno 10x bakal jadi pilihan yang tepat. Tapi, kalau kamu expect kamera yang lebih unggul secara keseluruhan termasuk untuk landscape atau close-up (di konser, misalnya), Huawei P30 bakal lebih kece.


Display: Kalau Buat Binge-Watching, Enak yang Mana, Ya?

(foto:TSPN1)

Waktu Oppo Reno 10x punya layar sebesar 6,6 inch, Huawei P30 Pro punya layar yang sedikit lebih kecil yaitu 6,47 inch. Hal yang bikin beda adalah Oppo Reno 10x punya layar AMOLED, sedangkan Huawei P30 Pro harus puas dengan layar OLED-nya. Artinya, Oppo Reno 10x bakal bisa kasih lebih banyak FPS untuk nge-game, sedangkan Huawei P30 Pro juga diuntungkan karena layarnya bakal lebih cerah dan clear untuk digunakan, apalagi dengan HDR10 bakal bikin kamu lebih puas waktu nonton film di Huawei P30 Pro.

---

Conclusion: ObviouslyOppo Reno 10x. AMOLED bisa dibilang sebagai OLED yang lebih baru dan canggih. Dalam hal yang sama, Oppo Reno 10x punya layar yang lebih besar, meskipun cuma berbeda sekitar 0,13 inch. Meskipun Oppo Reno 10x nggak support HDR, tapi perbedaannya nggak bakal begitu ketara kalau dalam konteks handphone.


Operating System: Sama-Sama Android?

(foto:Android Central)

Exactly, mereka berdua sama-sama dapet Android 9.0 atau Pie. Tapi untuk tambahannya, Oppo Reno 10x punya ColorOS 6.0 sedangkan Huawei punya EMUI 9.1. Tentu saja kita nggak bisa ambil yang mana yang lebih baik untuk hal ini, karena semuanya terserah dari preferensi masing-masing orang secara personal. Keduanya bakal terus berkembang sesuai dengan cara mereka masing-masing.


Hardware: Baterai dan Sensor yang Lebih Kuat?

(foto:NDTV Gadgets)

Sayangnya, Oppo Reno 10x hanya punya baterai sebesar 4065 mAh dan fast charging sebesar 20W. Sedangkan Huawei P30 Pro punya baterai sebesar 4200 mAh dan fast charging sebesar 40W yang bisa mengisi 70% daya baterai dalam 30 menit. Nggak cuma itu, Huawei P30 Pro juga punya fast wireless charging sebesar 15W dan bisa reverse wireless charging. Baik Oppo Reno 10x dan Huawei P30 Pro punya on-screen fingerprint. Jadi, sudah tahu kan, siapa yang menang untuk kategori ini?


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!