zetizen.com - Ingat nggak sih, gimana UNIQLO akhir-akhir ini diserbu orang-orang yang pengen dapet kaos t-shirt bergambar Kaws atau karakter-karakter BT21? Nggak sedikit juga orang yang bilang, "Ngapain sih buat dapetin kaos harus sampai segitunya?" atau "Perasaan kaosnya biasa aja deh." Nih, simak kenapa kaos-kaos UNIQLO akhir-akhir ini banyak diserbu orang!

THR Vibes

(foto:Unsplash)

Sadar nggak sih, kalau UNIQLO berkolaborasi dengan KAWS dihari-hari setelah THR-an? Entah sengaja atau tidak, orang-orang bakalan lebih unaware dengan uangnya pada masa-masa itu. Kolaborasi dengan BT21 pun, juga nggak jauh-jauh dari tanggal itu. Karena pasar KAWS dan pasar BT21 yang cukup berbeda, orang-orang yang skip berburu T-shirt KAWS bakal masih punya sisa duit THR-nya waktu collab dengan BT21 muncul.


Premium Brand

(foto:Sotheby's)

Mungkin sebelumnya KAWS agak jarang didengar di kalangan pasar Indonesia. Tapi, tahu nggak sih, kalau KAWS itu sebenernya banyak diminati oleh banyak designer dunia untuk dijadikan model dalam pakaian yang akan mereka buat? Gaya pewarnaan KAWS yang nyentrik dan colorful bikin KAWS populer di segala kalangan, dari atas hingga bawah. Bahkan, beberapa saat yang lalu di tanggal 1 April 2019, lukisan 'THE KAWS ALBUM' laku dilelang seharga 116 juta Hongkong Dollar atau kira-kira setara 210 miliar Rupiah.

Bayangkan brand yang begitu terkenal (dan mahal) dijual dengan harga yang terjangkau. Why not?


Limited Stock, Limited Edition

(foto:Mindzai)

UNIQLO nggak pernah mengeluarkan lagi koleksi kolaborasinya yang lama-lama dan begitu pula stok yang dimunculin sekarang pun nggak dibikin banyak-banyak. Apalagi UT x KAWS yang kali ini adalah kolaborasi terakhir UNIQLO dengan KAWS setelah sebelumnya digabung dengan Sesame Street. Eit, jangan khawatir. Setelah pihak UNIQLO ngelihat request yang tinggi dari produk KAWS, mereka memutuskan buat ngadain UT x KAWS x Sesame Street yang kedua! Yah, walaupun nggak eksklusif UT x KAWS, paling nggak ada KAWS-nya lah, ya?


Takut Dibilang Nggak Hits

(foto:Unsplash)

Remaja emang akrab banget dengan adanya rasa Fear of Missing Out (FOMO) dimana kamu bakal ngerasain ditinggal oleh kelompok/gengmu karena dianggap nggak setara/nggak keren. Datangnya KAWS dan BT21 di pasar fashion Indonesia bikin tren baru yang pastinya bakal dianggap sebagai standar 'keren' yang baru. Sesuatu yang menimbulkan pola pikir semacam, "Kamu ARMY, tapi nggak punya UT x BT21. You're not 'ARMY' enough!" Menyeramkan dan berbahaya, kan?


Punya 'Re-sell Value'

(foto:Unsplash)

Siapa sih, yang nggak mau dapet keuntungan atau duit jajan tambahan? Setelah fenomena ini, pasti banyak yang notice kalau di Instagram Stories mulai banyak yang jualan barang-barang hasil 'berburu' di UNIQLO kemarin atau malah banyak yang mendadak jadi buka jastip (jasa titip). Dibalik faktor-faktor diatas, barang-barang KAWS dan BT21 pasti punya harga resell yang tinggi dan yang pasti nggak bakal luput dari mata para pencari keuntungan.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!