Belum diterima kuliah? Dont worry be happy. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Singkirkan omongan miring tentang hal-hal negatif terkait gap year dengan kegiatan-kegiatan inspiratif berikut ini

Cari Jati Diti dengan Traveling

(foto:Instagram: @adindathomas)

Siapa sih yang nggak suka liburan? Pasti seru kan kalau liburan sambil cari pengalaman. Tentu juga dapat suasana baru dan bisa belajar dari setiap kejadian. Bukan hanya sekedar hip hip hura doang. Coba berinteraksi dengan penduduk lokal, seperti membeli oleh-oleh. Belajar tentang budaya itu juga perlu dan bahasa lokal juga.

So, hal terpenting adalah memahami diri sendiri terlebih dahulu. Kalau masih merasa ingin peduli di lingkungan sekitar, coba aja hal yang bersifat positif. Dari hal kecil di lingkungan nih, seperti membantu orang tua dan aktif di karang taruna. So, masa-masa gap year bisa kamu isi dengan memperbaiki diri sendiri sekaligus traveling.


Menjadi Volunteer

(foto:Instagram: @sekolahrelawan)

Daripada berdiam diri dan meratapi nasib, kenapa nggak mendaftarkan diri menjadi relawan? Kamu bakal dapet banyak banget pengalaman. Kamu juga bia ambil bidang yang sesuai sama passion-mu. Misalnya kamu peduli banget sama dunia pendidikan, maka kamu bisa coba jadi sukarelawan guru pada anak-anak di pelosok buat ngajarin membaca dan menulis. Untuk kamu yang cinta dengan lingkungan alam, bisa ikut program koservasi pelestarian lingkungan seperti tumbuhan dan binatang. Banyak kok, cari aja organisasi sukarelawan yang sesuai sama ketertarikanmu.


Hobi Bisa Jadi Cuan

(foto:Instagram: @adipati)

Kamu juga bisa mengasah hobi atau keterampilanmu. Siapa tahu bisa ngasilin cuan, ya, kan. Misal, sering motret tapi cuma upload di Instagram aja? Coba terjun di fotografi komersial. Cari relasi sebanyak-banyaknya, cari pengalaman seluas-luasnya. Buat kamu yang suka dandan, kamu bisa bikin kreasi makeup dan diunggah ke laman sosmedmu. Dan  lain sebagainya. Kamu boleh gagal masuk kuliah setelah lulus SMA, tapi nggak ada yang boleh menghalangi kreativitasmu.


Memperdalam Materi

(foto:Instagram: @jeromepolin)

Selain intensif mengenal diri sendiri, ada baiknya di masa-masa ini kamu menambah porsi belajarmu. Dengan memperdalam materi pelajaran, kamu bisa menyiapkan diri mengikuti tes di tahun berikutnya. Kalau kamu capek belajar, kamu bisa buka layanan les untuk siswa SMP atau SMA. Selain dapat honor, kamu juga bisa memperdalam materi.


Banyak Baca Buku

(foto:Instagram: @maudyayunda)

Sambil membunuh waktu kosong, kamu bisa mengisi waktu dengan baca buku. Ada banyak buku yang bisa kamu baca dan nikmati. Misalnya buku Pramoedya Ananta Toer yang bisa sekaligus menambah materi tentang sejarah Indonesia. Siapa tahu tahun depan ketika kamu sudah diterima di salah satu universitas, kamu bisa menggunakan informasi dan pengetahuan yang kamu dapat dalam pelajaran. Ingat, buku adalah jendela dunia.


Share
Create Your Own Article!