zetizen.com - Beberapa waktu lalu, situs pengecek kondisi udara di seluruh dunia, AirVisual, menunjukkan angka 240 untuk kota Jakarta. Hal tersebut menandakan kesehatan udara di daerah Jakarta telah mencapai titik 'Very Unhealthy' atau 'Sangat Tidak Sehat'. Waduh, kita sebagai generasi muda nggak boleh diem diri aja, dong? Nggak cuma Jakarta, kota apapun di Indonesia harus bisa kita lindungi dari udara yang kurang sehat. Eh, tapi gimana ya caranya anak muda kayak kita bikin polusi udara berkurang? Nih, Zetizen kasih tahu!

Kurangi Sampah Plastik

(foto:Unsplash)

Ternyata, #NoPlasticMovement nggak cuma buat sampah-sampah di tanah dan di perairan, lho! Tahu nggak sih, sampah plastik yang dibiarkan di alam terbuka seperti tempat pembuangan sampah atau bahkan lahan kosong, bisa melepaskan gas metana dan etilena yang tergolong dalam gas rumah kaca? Nah, lama-lama nggak cuma perairan dan kualitas tanah aja yang rusak. Bisa-bisa, udara ikut tercemar dan nggak baik buat dihirup! FYI, kantung plastik yang biasa kita gunakan, sebenarnya hanya 'berfungsi' selama 2-5 menit untuk membawa barang-barang kita. Selebihnya, jadi sampah selama ratusan tahun.


Use Public Transportation

(foto:Unsplash)

Pastinya udah banyak dari kalian yang tahu soal hal ini. Mengurangi jumlah pengguna kendaraan bermotor dengan menggunakan kendaraan umum emang selalu jadi solusi yang paling mudah dan cepat kalau soal polusi udara. Eh, tapi pakai transportasi umum yang ramah lingkungan juga, yaa. Jangan naik kendaraan umum yang asap-nya sudah nggak sehat!


Perhatikan Kondisi Kendaraan Pribadi

(foto:Unsplash)

Sering nggak sih, lihat bis-bis atau truk yang knalpotnya keluarin asap super hitam dan pastinya nggak sehat? Nah, jangan sampai kendaraanmu sendiri malah berkontribusi dalam asap-asap seperti itu. Selalu perhatikan asap yang keluar dari knalpot, kalau udah mulai nge-brong atau keluarin asap hitam, artinya sudah waktunya servis!


Bikin Taman Kecil-Kecilan

(foto:Unsplash)

Kamu bisa mulai menanam tanaman kecil-kecilan di rumah. Nggak cuma bikin udara di rumah jadi lebih segar, tapi juga udara di sekitar rumahmu jadi lebih bersih. Lebih keren lagi kalau sampai tetangga-tetangga ikutan bikin taman di depan rumah, sih. Bisa sehat banget daerah rumahmu! Eh, kamu bingung mau tanam apa? Untung Zetizen sudah siapin cheatsheet-nya disini.


Say No to 'Sebats'!

(foto:Unsplash)

Waduh, kalau yang ini mungkin jadi hal yang paling sulit buat kamu-kamu yang biasanya nongkrong di warung bareng temen-temenmu main Mobile Legends/PUBG Mobile, ya? Pernah denger kan, kalau perokok pasif itu jauh lebih terancam kena penyakit dibanding perokoknya sendiri? Nah, hal tersebut disebabkan karena rokok yang terbakar melepaskan banyak banget bahan kimia yang sangat berbahaya di udara. Jadi, selain bisa menyehatkan diri sendiri, berhenti merokok juga bisa menyehatkan udara di sekitarmu! It's not too late to stop! 


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!