zetizen.com - Masih ada waktu buat liburan, nih! Waktu kamu sedang berlibur, sering kali kamu bakal ketemu penduduk di daerah itu berbicara dalam bahasa lokal yang kamu nggak ngerti sama sekali, kan? Bahkan sekadar mencoba menirukan sebuah kata saja, sudah kerasa aneh. Nah, kalau kamu berkunjung ke New Zealand, mungkin kamu bakal lebih kesulitan buat menyebutkan nama tempat ini, nih! Penasaran sesusah apa namanya?

(Foto: Wikipedia Commons)

Taumatawhakatangi­hangakoauauotamatea­turipukakapikimaunga­horonukupokaiwhen­uakitanatahu merupakan sebuah bukit di New Zealand. Berketinggian 305 meter, bukit ini di beri predikat Guinness World Records sebagai “Tempat dengan Nama Terpanjang” karena panjangnya tersusun dari 85 huruf. Orang-orang di sekitar sering menyingkat nama bukit itu menjadi “Taumata”.

Nama Panjang Taumata Hill atau Bukit Taumata ini berasal dari bahasa Maori yang berarti “Tempat yang disebut Tamatea, seorang laki-laki yang memiliki yang lutut besar, pendaki gunung-gunung, orang yang suka menuruni gunung-gunung (the slider), tanah yang menjadi saksi perjalanan itu (tempat), memainkan serulingnya untuk orang yang dicintainya”. Nama tersebut diberikan untuk menghormati Tamatea, dalam legenda Ngati Kahungunu dan tradisi di Northland.

(Foto: Booking.com)

Tamatea adalah seorang penjelajah, pemimpin dan prajurit terkenal. Ia melakukan perjalanan melalui bagian belakang Porangahau, dan bertemu dengan suku lain dan dia harus melawan mereka untuk dapat melewati tempat itu. Saat pertarungan, saudaranya terbunuh. Tamatea yang sangat sedih karena kelihangan saudara yang ia sayangi kemudian tinggal di lokasi pertempuran yang merupakan sebuah bukit. Setiap pagi, ia duduk di puncak bukit sambil memainkan seruling Koauau atau Maori.

Suku Maori sendiri yang merupakan penduduk asli New Zealand yang dikenal dengan tarian Haka. Tidak heran apabila banyak nama tempat berbahasa Maori. Suku ini tinggal sejak 1840, berdampingan dengan penduduk Eropa (Pakeha) yang berasal dari Inggris. Ada dua bahasa bahasa resmi yang diakui di New Zealand, Maori dan Inggris sendiri.

(Foto: Twitter @Nige1Chapman)

Taumata Hill terletak dekat Porangahau, selatan Waipukurau dan Hawke’s Bay (teluk Hawke’s), New Zealand. Porangahau merupakan sebuah kota kecil dengan pantai serta laut biru tua yang cocok untuk memancing dan boating. Kalau kamu pingin ke Bukit Taumata, perjalanan dapat ditempuh dengan menuju ke selatan Waipukurau sejauh 55 kilometer kemudian berbelok ke kanan menuju Wimbledon Road Kamu akan menemukan sebuah papan namanya setelah lima kilometer.

(Foto: Bayleys)

Bukit Taumata memiliki pemandangan yang indah dengan bentangan bukit hijau yang ditutupi rumput dan pohon-pohon. Wisatawan yang mengunjungi bukit ini suka sekali berfoto di papan bertuliskan nama bukit yang sangat panjang dan karena tempatnya yang tenang, beberapa singgah untuk piknik di sana.

 

Editor: Kevin Christian

Share
Create Your Own Article!