zetizen.com - Kamu pasti tahu Bollywood,kan? Yap, India! Negara ini memiliki sejuta keistimewaan lho, mulai dari tempat wisata melimpah, budaya, kuliner, sampai shopping. Banyak hal baru yang bisa kamu dapatkan, lakukan dan lihat di Negara Anak Benua ini. Keunikan dari negara ini, membuat banyak orang ingin berlomba-lomba ke sana. Ada apa aja sih, disini? Yuk, kita simak!

Destinasi Wisata

Instagram @adipati

Wisata paling ikonik pertama di India adalah Taj Mahal, dengan desain Islam yang merupakan salah satu tempat paling terkenal di dunia. Mahabodhi Temple situs Buddha tersuci mempunyai puncak menara dan rumah emas.  Kuil Jain Ranakpur merupakan kuil paling indah dan lebih terstruktur.  Kalau kamu pengen suasana yang sejuk dan dingin, bisa banget cobain di daerah pegunungan Himalaya. Disini, kamu bisa menelusuri gunung dan merasakan suasana pedesaan di lereng-lereng gunung. Nggak ketinggalan, Nepal yang memiliki kuil cantik dan keindahan panorama yang pastinya bikin nggak ingin pulang.

Tentunya wisata di India tidak hanya itu saja, masih banyak yang menarik lainnya juga loh. Ingat ya, kalau ke tempat-tempat tersebut kalian harus saling menghargai dan menjaga kesopanan.


Belajar Kultur?

webneel

India punya keanekaragaman budaya yang menjadi salah satu pusat kebudayaan tertua dan terunik di dunia, lho. Meskipun saat ini sudah berbeda zaman, tapi para penduduk masih tetap menganut pada ajaran leluhurnya.  Jika kamu berkunjung ke sana, pasti kamu bakal merasakan kehangatan dari masyarakat sekitar. Dari mulai upacara adat hingga perayaan besar, bahkan festival yang dirayakan penuh dengan musik, warna, doa, dan ritual. India punya musik tradisional yang unik, yaitu musik Carnatic dan Hindustan. Bahkan, festival Holi juga banyak ditunggu oleh wisatawan mancanegara lho, gaes!


Kuliner

Travel Dudes

Disini, banyak makanan khas yang tentunya cocok untuk lidah orang asia. Proses memasak yang khusus bikin rempah-rempah khas India meresap dengan sempurna di tiap masakannya. Nih, ada beberapa contoh makanan khas India.

Ayam Tandoori makanan khas India dan paling populer di negara-negara lainnya. Ada Roti bernama Naan, roti yang biasanya dimakan kalau bosan dengan makanan pokok. Ada juga Laddu, makanan manis yang biasanya disantap saat sedang penutupan dari perayaan hari besar. By the way, ada juga Chole Bhature yang merupakan roti goreng asal daerah Punjabi yang dinikmati bersamaan dengan bumbu khas. Bumbu dari makanan ini juga bermacam-macam, ada yang asam dan ada yang pedas. Enak deh, pokoknya!


Keramahan Masyarakat India

The Uber Journey

Ada pepatah dari India 'Athithi Devo Bhava' yang berarti “Tamu adalah Tuhan". Apabila seseorang berhasil membuat tamunya bahagia, orang tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat sekitar. Mereka juga mengganggap tamu sebagai saudaranya sendiri dan melayani dengan senang hati. Bahkan untuk tempat tinggal, kamu nggak perlu khawatir! Banyak banget homestay yang dirancang khas dari kota-kota di India, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah.


Berburu Oleh-Oleh

Life Berrys

Di India, kamu bisa cari oleh-oleh berupa gelang, kain sari, hiasan dinding, sepatu, tas etnik, minatur, dan masih banyak lagi! Mau beliin temen, keluarga, atau gebetan? Cobain tempat-tempat ini, deh! Janpath Market dengan pernak pernik kerajinan, Dilli Hat untuk kamu yang mencari garmen, dan Crawford Market yang jadi pilihan tepat untuk mendapatkan barang dengan jumlah banyak tapi nggak kalah kualitas. Hayo, yang suka belanja, mana suaranya?

Editor: Kevin Christian


Share
Create Your Own Article!