zetizen.com - Kamu suka bosan sama sepatu yang modelnya gitu-gitu doang? Atau suka kebingungan karena jarang banget menemukan sepatu yang cocok banget dengan gayamu? Say no more. Perusahaan asal New York, Shiftwear sudah menciptakan Sneakers versinya yang bisa berubah desain sesuai dengan keinginanmu! Penasaran seperti apa bentuknya?

Sepatu ini dapat menampilkan berbagai desain tanpa batas. Konsep yang diusung melalui sepatu ini adalah customized shoes. Artinya, pengguna bisa mengganti space yang tersedia di bagian luar sepatu dengan gambar biasa atau bahkan gambar bergerak melalui smartphone pemiliknya setiap saat dengan gambar yang berbeda-beda. Space yang dapat di-custom juga terdapat pada kedua sisi sepatu.

(foto: YouTube: ShiftWear)

Bagaimana sebuah konsep sepatu ini dapat terwujud? Shiftwear Sneakers ini menggunakan e-paper sebagai ‘layar’ yang akan menampilkan gambar. Nggak Usah kawatir, e-paper diklaim waterproof hingga kedalaman 5 meter. Kerennya lagi, sepatu ini tetap bisa di cuci dengan mesin dan nggak akan rusak. Untuk menghubungkan e-paper ini ke smartphone, sepatu akan disambungkan melalui Bluetooth. Baterai untuk daya e-paper dapat bertahan sekitar 30 hari dan pengisian ulang atau charging akan otomatis dilakukan apabila sepatu sedang digunakan dan terkena sinar matahari.

(foto: Twitter @ShiftWear)

Ada 6 varian sepatu yang pembedanya berdasarkan tinggi sepatu dan kemampuan display atau besar space yang dapat custom, yaitu 2 low-top, 2 medium top, dan 2 high top sneakers. Sepatu ini dihargai dari kisaran US$150 sampai dengan US$1000 untuk versi limited edition.

Sayangnya, sepatu ini masih dalam tahap riset dan pengembangan. Pihak Shiftwear telah membuka pre-order melalui situs Indiegogo sejak tahun 2015 dan pada tahun 2017 lalu, video prototype-nya telah dipublikasikan lewat Youtube. Ketidakjelasan dari rilisnya sepatu ini membuat banyak orang resah dan mencoba mengklarifikasi pada pihak Shiftwear. Bahkan, beberapa pihak mengatakan telah meminta uang mereka kembali kepada pihak Shiftwear tetapi tidak ada tanggapan dari perusahaan. Beberapa situs dan konten YouTube mulai bermunculan dan menuding bahwa pihak Shiftwear melakukan scam.

(foto: Netguru)

Meskipun pre-order yang sudah lama ditutup dan belum ada kejelasan mengenai produk ini, situs Indiegogo tercatat telah mengumpulkan uang sebesar US$771.179 dengan 2.699 pemesan per tanggal 23 Desember 2015. Jelas, banyak sekali peminat yang berharap bahwa proyek sneakers ini benar-benar terwujud. So, bagaimana pendapat kalian soal sneakers berkonsep unik dan futuristik ini?

 

Editor: Kevin Christian

Share
Create Your Own Article!