FoxPro kali pertama dirilis pada 1989 saat komputer-komputer pada zaman itu berbasis Microsoft Disc Operating System (MS-DOS). FoxPro masih digunakan dalam pengoperasian database atau basis data. Bukan cuma FoxPro, bahasa seperti COBOL yang dirilis pada 1959 juga sering dipakai untuk sistem perbankan di seluruh dunia.

Menurut Moh. Machfudh, salah seorang founder Komunitas Programmer FoxPro Indonesia (KPFI), FoxPro emang berfokus mengolah data secara transaksional. Proses olah data dengan FoxPro dapat dilakukan lebih cepat dan efisien sehingga hasil pengolahan data bisa digunakan dan diandalkan untuk keperluan pengambilan keputusan oleh komputer.

Database transaksional merupakan sistem basis data yang memiliki fitur rollback. Artinya, data dapat dikembalikan ke posisi sebelumnya jika saat proses update atau ubah data terdapat kesalahan atau error. Sampai sekarang, banyak bahasa pemrograman untuk mengolah data secara transaksional. ’’Tapi, untuk olah data secara transaksional, FoxPro memang masih tidak ada duanya,’’ ujar Machfudh.

Meski terkesan lawas dan kuno, FoxPro terbukti masih dipakai di berbagai sektor industri. ’’Mulai jual beli, manufaktur, analisis data, sampai perbankan. Hampir setiap sektor yang membutuhkan data transaksional masih memanfaatkan FoxPro,’’ ungkap Machfudh.

FoxPro yang diterapkan saksi BPN Prabowo-Sandi merupakan versi awal dan beroperasi di MS-DOS. Selama data dapat diakses dan diolah FoxPro, manipulasi data pasti bisa dilakukan. Sayangnya, FoxPro versi jadul seperti yang digunakan saksi tersebut punya keterbatasan protokol akses ke sumber data. Bagaimanapun, FoxPro yang seperti itu belum bisa melakukan akses langsung secara online.

’’FoxPro masih bisa dijalankan meski melalui PC/laptop jadul. Misalnya, dalam kasus olah data, FoxPro juga sangat andal untuk filter data, sorting, atau bahkan mengubah data,’’ papar Machfudh. ’’Soal benar tidaknya, kita tetap tidak bisa mengecek karena tidak tahu data itu sama dengan yang dimiliki KPU atau tidak,’’ tandasnya. (c14/kch)

Share
Create Your Own Article!