zetizen.com - Kalian pasti nggak asing dengan film Mulan? Yap, film tersebut pertama kali ditayangkan dalam bentuk animasi tahun 1998. Tahun depan, film Mulan bakal kembali tayang di layar lebar dalam bentuk live-action remake, lho! Namun, kali ini film Mulan tidak diadaptasi dari versi animasinya, melainkan dari cerita asli Hua Mulan. Penasaran apa aja yang bikin cerita aslinya berbeda dengan film animasi Mulan? Check this out!

Latar Belakang Keluarga

(foto:Disney)

Di dalam cerita film animasi, dikatakan bahwa sosok Mulan adalah anak dari seorang raja Tiongkok. Tentunya menjadi seorang putri kerajaan harus bertingkah sopan, anggun, dan disiplin. Sayangnya, Mulan malah sangat berkebalikan dengan sikap itu semua. Terkesan tomboy, Mulan menemui banyak kesusahan untuk menjadi seorang putri kerajaan. 

Nah, di cerita asli dari puisi “The Ballad of Mulan” atau “Balada Mulan”, Hua Mulan adalah anak dari seorang prajurit ternama. Suatu ketika, ayahnya jatuh sakit dan tidak bisa kembali ke medan perang. Mulan sebagai anak tertua merasa memegang tanggung jawab untuk menggantikan ayahnya dalam berperang.


Perjalanan Menjadi Prajurit

(foto:Disney)

Jika di film animasinya Mulan harus kabur dari rumah demi menjadi seorang prajurit, maka hal ini jauh berbeda dengan kisah aslinya. Mulan sendiri nggak pernah kabur dari rumah. Bahkan, sebelum pergi untuk mengabdikan dirinya menjadi prajurit, Mulan mendapat restu dari orang tuanya. Mulan juga dipercayai sebuah pedang yang merupakan senjata turun-temurun dari leluhurnya. Dibekali seni bela diri yang didapat dari ayahnya, Mulan menjadi pejuang yang baik dan terlatih. Nggak cuma bela diri, Mulan juga menguasai teknik memanah dan pertempuran pedang, lho!


Penampilan Mulan

(foto:Disney)

Kalian pasti ingat waktu Mulan mendaftar menjadi prajurit. Ia harus rela memotong rambut dan mengenakan baju prajurit untuk menyembunyikan identitasnya dan terlihat seperti seorang laki-laki. Nah, pada cerita aslinya, Mulan tidak mendapat paksaan saat dia akan menjadi prajurit. Tidak ada yang melarangnya menjadi prajurit kerajaan sebagai seorang perempuan. Akhirnya, rambutnya dibiarkan panjang namun seringkali digulung atau diikat agar tidak menghalanginya saat bertarung.


Mushu & Li Shang

(foto:Disney)

Partner naga milik Mulan sendiri bakal menghilang di film Live Action Remake tahun depan. Wajar saja, si Mushu ini memang nggak pernah ada di cerita Mulan yang asli. Hilangnya Mushu juga jadi salah satu hal yang membuat banyak orang kecewa karena tidak bisa menonton salah satu karakter favorit mereka lagi. Nggak cuma Mushu, sosok Disney Prince, Li Shang, juga nggak muncul di film Mulan yang baru ini. Yah, jadi makin sedih, deh!


Efek Musikal

(foto:Disney)

Film Disney nggak lengkap rasanya kalau nggak ada musik-musik yang magical. Bagaimanapun, Mulan yang asli memang nggak pernah nyanyi dan hal tersebut juga membuat film live action remake ini jadi terasa lebih 'hambar'. Eh, tapi nggak perlu khawatir, original soundtrack Mulan versi instrumental bakal tetap menghiasi filmnya, kok! Nah, sisanya kita tinggal menebak apakah lagu "Reflection" bakal se-dramatis film animasinya atau tidak.

EditorKevin Christian


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!