Kebijakan yang Spotify terbitkan pada September 2018 lalu tentang kebebasan musisi untuk mengunggah karya miliknya secara pribadi di fitur beta terbarunya  “Spotify For Artists”, ternyata akan diberhentikan. Pemberhentian ini ternyata punya dampak yang besar loh terhadap karir musisi Independen atau indie di platform tersebut. Karena pada 1 Agustus nanti, Spotify hanya memperbolehkan pengunggahan lagu lewat label-label musik resmi. Walaupun harus berhenti di platform tersebut, kalian para musisi Indie nggak perlu sedih. Karena, beberapa platform di bawah ini bisa jadi alternatif buat kamu agar tetap berkarya di dunia, kok.

JOOX

(foto:joox.com)

Jadi salah satu pesaing besar Spotify, ternyata JOOX masih jadi salah satu platform music digital yang ‘ramah’ dengan para musisi Indie. Fitur yang disediakan oleh JOOX untuk mendistribusikan karya para musisi ini juga terbilang sangat beragam. Selain menyedia suara, JOOX juga bisa jadi ajang untuk memasarkan video bahkan dengan fitur karaoke loh. Nggak hanya itu, beberapa waktu yang lalu, JOOX juga rajin buat ngisi workshop roadshow untuk band yang belum punya channel buat distribusi karya mereka.

FYI aja nih, kamu butuh effort yang besat nih untuk merilis karyamu di JOOX. Karena minim banget tutorial untuk masukin katya kamu ke JOOX dibandingkan dengan platform lainnya. Tapi buat kamu penggemar band Indie, JOOX punya banyak banget playlist musisi Indie mulai dari internasional, lokal, bahkan daerah, loh.


SoundCloud

(foto:edm.com)

Walaupun sempat dikabarkan kalah bersaing dengan Spotify, ternyata kebijakan Spotify ini jadi ajang aji mumpung SoundCloud buat menarik para musisi Indie untuk balik berkarya di platform ini. We all know, SoundCloud banyak banget mencetak idola musisi Indie baru. Selain kelebihannya tentang mengkoreksi detail lagu, platform ini juga gampang banget buat diakses.

Nggak hanya itu, SoundCloud sekarang juga punya fitur yang kekinian buat langsung kamu upload di instagram story-mu loh. Kemudahan akses SoundCloud ini juga jadi alasan banyaknya musisi yang lebih memilih untuk mendistribusikan karyanya di platform ini. Kamu hanya tinggal daftar dan unggah musik yang kamu mau tanpa perlu ribet.


Indie Sound

(foto:Indiesound.com)

Platform yang mengklaim dirinya sebagai one of the fastest growing independent music sites dengan jumlah pengguna lebih dari 50.000 musisi Indie ini, punya cara khusus buat mendekatkan musisi ke para penggemarnya.

Buat kamu yang mau menjajal platform ini, kamu bisa menggunakannya secara gratis dan nggak butuh waktu lama buat memverifikasi karyamu buat terdaftar disini. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa aplikasi ini hampir mirip dengan SoundCloud, tapi tetep aja Indie Sound akan membawamu lebih dekat dengan pendengarmu Karena Indie Sound dapat diintegrasikan dengan social media sehingga mudah untuk dibagiin ke semua orang.


gTunes

(foto:malihadafi.com)

Aplikasi buatan anak bangsa ini ternyata bisa jadi salah satu alternatifmu untuk mendistribusikan karya independenmu, loh. Fokus pada konten streaming music band Indie lokal, nantinya GTunes juga bakal bisa kamu nikmati melalui fitur karaokenya. Platform ini ternyata juga bekerja sama dengan Asosiasi Komunitas Indie Nasional yang selama ini jadi wadah para musisi Indie untuk berkarya.

Untuk kamu penggemar musik Indie, platform ini tentunya bakal ngasih kamu penawaran murah untuk dapat menikmati seluruh layanannya loh. Selain itu, Gtunes juga rajin bagi-bagi promo menarik. Stay tune aja ya.

 

Tuhkan, masih banyak banget cara agar kamu bisa tetap berkarya. Terus semangat, ya!

Editor: Edwin Fauqon


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!