zetizen.com- Setelah beberapa kali dianggap kalah fitur sama android, update IOS 13 ini sudah mulai mengakomodasi beberapa kemudahan seperti yang digunakan android lho, bahkan ada beberapa fitur  yang nggak akan ditemukan di android. Banyak banget upgrade yang tersedia di IOS 13 bahkan jika kamu masih menginstal versi awalnya. Well  jangan keburu bilang kalau IOS sama dengan android. Intip deh 7 keuntungannya!

Mode gelap


Fitur yang sudah tersedia di android ini sekarang sudah bisa dinikmati juga di Iphone bedanya kamu juga bisa mengaktifkan fitur otomatis. Jadi bisa diatur kapan mode gelap akan aktif. Wallpaper juga sudah mendukung mode ini lho! Jadi  saat mode gelap, wallpaper akan berubah mejadi dark dan sebaliknya jika mode terang aktif. Asyiknya lagi Iphone nggak membuat mode ini setengah-setengah, jadi tampilan mode gelap ini juga diterapkan di aplikasi bawaan seperti safari, setting, notifikasi dan beberapa aplikasi yang sudah mendukung.


Optimize Battery Charging dan Low Data Mode

(foto:macworld.com)

Di menu ini kamu bakal menemukan fitur yang bermanfaat banget untuk kelangsungan baterai smartphone. Di dalamnya bakal ada pengaturan untuk mencegah overcharged. Jadi pengisian baterai hanya akan dibatasi sampai 80%, meskipun kamu juga bisa mematikan mode ini jika diperlukan charging yang lebih. Kamu juga bisa meminimalisir penggunaan data dengan low data mode, jadi kamu bisa menggunakan kuota internet dengan lebih hemat deh!


Foto dan Video Editor

(foto:gadgetren.com)

IOS 13 akan lebh efisien dengan adanya fitur foto editor dan video editor. Jika kamu ingin mengedit foto kamu sudah disediakan editor foto lengkap seperti menggunakan aplikasi. Contoh fiturnya seperti  contrast, shadow, exposure, noise reduction, dll. Sedangkan untuk video editor sudah didukung non destructive sehingga video yang salah edit bisa  di undo tanpa  merusak kualitasnya. Pada versi final IOS 13 akan ada fitur portait light control, dan mono yang akan semakin menambah kelengkapannya. Praktis banget kan !


Reminder dan Health

(foto:mobileappdaily.com)

Reminder ini seperti aplikasi task manager yang bisa mengatur waktu dan bisa memasukkan beberapa attachment seperti foto, link web, file, note dan masih banyak lagi. Melalui fitur  voice kamu juga bisa membuat pengingat. Kamu bisa membuat rekinder  secara otomatis apabila menggunakan fitur tag teman. Jadi  kamu akan diingatkan saat sedang chat bersama orang yang di tag  tersebut di Imessage.

Dalam menu health ini kamu akan disuguhi banyak sekali fitur yang sudah dikelompokkan dalam masing-masing kategori. Salah satunya  ada sebuah grafik performa yang akan mencatat track record kamu. Dari mulai olah raga yang kamu lakukan sejak tahun atau bulan lalu. Serta untuk perempuan juga disediakan siklus tracking.


Pembaruan Safari dan Penambahan Look Around

(foto:Pinterest)

Di menu Safari ada beberapa bagian yang ditambahkan salah satunya yang penting yaitu fitur download. Saat kamu sedang mendownload, contohnya foto, kamu bisa melihat proses downloadnya seperti di macbook. Kamu juga bisa membuka langsung fotonya dan muncul di tab yang sama. Dengan look around kamu bisa melihat gambaran tempat sekitar di titik dalam peta seperti pada Google


File dan Text Editing

(foto:idownloadblog.com)

Fitur file, transfer data dan olah data bakal jadi makin mudah karena  di dalamnya kamu bisa langsung bikin folder hanya dengan tap kemudian tahan dan langsung bisa disimpan  di lokal storage Iphone. Aplikasi ini juga sudah mampu membuat file zip dan scan file. Selain itu juga dapat terhubung dengan sd card dan hardisk external jika kamu hubungkan dengan OTG.

 Di menu text editing, jika membuka sebuah dokumen panjang kamu dapat melihat dokumen dengan hanya men-tap kemudian tahan dan arahkan ke atas atau ke bawah.  Lalu, jika kamu ingin mencopy text yang di blok gunakan 3 jari kemudian pinch dan spread untuk men-paste. Text editing juga sekarang memudahkan pengguna jika ingin undo atau redo, caranya dengan menggeser tiga jari ke kiri untuk undo dan tiga jari ke kanan untuk redo. Well nggak hanya itu, kamu juga sekarang bisa menginstal berbagai macam font dari app store yang bisa diterapkan di semua aplikasi dan mendapatkan fitur Memoji dalam keyboard yang letaknya di samping emoji.


Upgrade Berbagai Fitur Hiburan

(foto:Pinterest)

Menu Apple Books sekarang sudah dilengkapi dengan reading goals, fitur ini memungkinkan kamu membuat target membaca buku. Untuk yang suka  karaoke, fitur Apple Music bakal bikin kamu seneng banget dengan updateannya  kali ini. Lirik lagunya bisa sinkron dengan lagu yang sedang diputar, daftar lagu yang diputar juga bisa dihapus dan diubah urutannya. Buat  yang suka main  game, IOS 13 sudah bisa tersambung loh  PS4 dan XboX!  Pada versi final akan dimunculkan sign in with Apple di berbagai aplikasi.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!