Zetizen.com - Satu lagi pengumuman jalur masuk perguruan tinggi yang selesai dilalui. Buat kamu yang masih belum lolos, don’t worry! Masih ada kesempatan lagi yaitu jalur Mandiri. Bagi beberapa orang, mungkin jalur ini adalah penentu dan titik akhir untuk masuk ke gerbang perguruan tinggi yang dinanti. So, biar makin mempersiapkan diri, yuk intip tips buat kamu yang mau ikut ujian Mandiri.

 

Cek dan Pastikan Tanggalnya

(foto:Pinterest.com)

Karena nggak dilakukan secara serentak, kamu harus punya timeline daftar perguruan tinggi mana aja nih yang udah mulai buka pendaftaran jalur masuk mandiri. Jangan sampai kamu ketinggalan tanggal ujian Universitas impianmu. Apalagi kalau kamu punya beberapa pilihan Universitas, pastikan jadwalnya nggak bertabrakan dan kosongkan segala aktivitas di semua tanggal yang mendekati jadwal ujian mandiri.

Dengan kamu tau tanggal pastinya, maka kamu bisa mulai mempersiapkan untuk belajar dan nggak ada alasan lagi buat bermalas-malasan.


Pelajari Kampus Yang Mau Didaftar

(foto:Pinterest.com)

Seleksi mandiri adalah seleksi yang murni dilakukan oleh pihak Universitas tersebut, jadi nggak menutup kemungkinan bahwa antara Universitas satu dengan yang lainnya punya perbedaan cara penilaian. Nah, tugasmu sebelum ujian dimulai adalah mempelajari bagaimana tipe soal yang akan diberikan saat ujian. Info ini bisa kamu dapetin dari mereka yang sebelumnya pernah melakukan tes di Universitas tersebut.

Walaupun soalnya yang diberikan nggak akan 100 persen sama, yang jelas kamu bisa mempelajari kira-kira apa sih indikator Universitas tersebut untuk meloloskan calon mahasiswanya.


Perbanyak Latihan Soal

(foto:Pinterest.com)

Kalau kamu belum dapet info tentang tipe soal yang bakal dikeluarkan oleh pihak Universitas yang kamu mau, PR besar yang harus kamu lakukan ada perbanyak latihan soal. Hampir sama dengan ujian lainnya, jenis jenis soal di ujian mandiri biasanya juga beragam. And Fyi, sekarang banyak banget loh kumpulan soal-soal ujian mandiri yang dibuat oleh beberapa Universitas tersebut. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah untuk belajar dan jadi paham kira-kira soal dengan tipe apa yang akan banyak muncul.


Makin Kenali Kemampuan Diri

(foto:Pinterest.com)

Buat yang belum lolos di tes-tes sebelumnya, kamu masih punya kesempatan buat merenungkan kemampuan dirimu. Dengan tes mandiri, setidaknya kamu jadi tau seberapa batas kemampuan yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu merasa bahwa kamu belum mampu mencapai target yang ditentukan, di seleksi mandiri ini kamu bisa makin meningkatkan kemampuanmu tersebut.

But, kamu juga harus mau untuk menurunkan egomu. Kalau dirasa kamu tidak mampu mencapai target itu, coba deh pertimbangkan lagi kira-kira kesempatan mana yang bisa kamu ambil yang sekiranya bisa membawa kamu ke Universitas dan jurusan impianmu.


Hindari Oknum Yang Bikin Rugi

(foto:Pinterest.com)

Ditengah-tengah ke ramaian ujian mandiri, nggak sedikit oknum yang ikut memanfaatkan dengan mengiming-imingi sejumlah kursi dengan biaya yang tinggi. Kamu harus selalu berhati-hati, jangan sampai impianmu untuk masuk ke Universitas impianmu justru bikin rugi karena tipu daya oknum tersebut.

Yuk perbanyak belajar dan berdoa supaya apa yang kamu inginkan bisa terwujud. Ingat, menghalalkan segala cara bukanlah pilihan yang tepat. Keep fighting!

*

Penulis: Nurmelia Chandra

Editor: Rafika Yahya


Share
Create Your Own Article!