zetizen.com- Pernah kepikiran gak sih memulai hidup minimalis? Gaya hidup yang lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan. Lebih membatasi diri untuk memiliki suatu barang yang penting dibarengi dengan melakukan hal simple yang bermanfaat. Mungkin terlihat sulit di awal-awal-, tapi dibarengi niat dan proses yang rutin dijamin deh kalian bakal enjoy ngelakuinnya. Masih bingung gimana mulainya? Yuk, simak cara beserta tipsnya!

Memilah Barang

abcnews

Punya banyak barang  tapi jarang kepakai? Nah, solusinya kalian bisa mulai pilah barang yang sering kamu dengan yang jarang digunakan. Sambil merapikan kamar, sisihkan barang yang sudah tidak dipakai agar ruangan tidak terlihat penuh. Gunakan barang yang praktis untuk mempermudah dalam pekerjaan. The next step, agar tidak terlalu menumpuk coba deh mulai preloved atau mulai declutter beberapa barang untuk diberikan ke orang lain. Bisa jadi barang yang jarang dipakai justru dibutuhkan oleh orang lain.


Ubah Style-mu

pinterest

Punya baju sedikit? Worry not, kalian bisa mulai mix and match baju yang kalian punya dengan beragam look yang sesuai dengan style kamu. Satu setel baju bisa banget kamu utak-atik untuk disulap menjadi beberapa look. Meski pakaian yang kamu punya terbatas, kamu malah bisa lebih kreatif dengan berkreasi beragam style dan tentunya menghemat space dalam lemari.


Kurangi Jajan

Her campus

Boleh sih nyemil seperti makanan ringan tapi lebih baik beli makan yang bisa buat kenyang di perut. Pilih makanan yang mencukupi kebutuhan dalam tubuh, seperti empat sehat lima sempurna. Inget biasakan untuk no junk-food, jangan bikin dompet kamu makin tipis dan badan jadi tidak sehat. Bagsunya sih bawa bekal sendiri dari rumah, itung-itung menghemat dan tidak perlu bingung cari makan.


Jangan Mudah Tergiur

wearebread

Ingin ini ingin  itu, karena sering nemuin  promo dadakan. Terlalu mudah tergoda oleh keinginan dan mata yang tidak pernah puas jika ada sesuatu yang menarik memang paling susah. Tapi sebelum terburu-buru buat membeli, coba deh pikirkan kembali apakah barang itu  punya nilai guna yang berkepanjangan atau hanya sementara. Tipsnya nih agar bisa mengontrol kebiasaan belanja coba bikin list barang yang akan dibeli dan buat berdasarkan skala prioritas.


Menabung

news media

Sisihkan uang sedikit dari uang sakumu agar kedepannya lebih terbiasa untuk menabung.  Rencanakan pula pemasukan dan pengeluaran keuangan agar tidak terlalu boros. Tabungan yang selama ini disimpan bisa untuk dana darurat jikalau ada sesuatu yang genting untuk dikeluarkan. Pintar mengatur finansial secara dini penting banget buat kesejahteraan masa depan keuangan kamu. So, jangan lupa buat menabung ya!


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!