zetizen.com - Akhir-akhir ini sudah banyak yang ngomomgin tentang dihapusnya jumlah like di postingan Instagram. Meskipun belum di terapkan di Indonesia, Instagram sudah melakukan uji coba pertama di Kanada dan menyusul di beberapa negara seperti Italia, Brazil, Austalia dan Selandia Baru. So, apa sih yang kira-kira bakal terjadi kalau jumlah like di hapus? Kita cek bareng, skuy!

Pengguna Tidak Terbebani Jumlah like

(foto:InsideHook)

Actually, Pengguna instagram tidak akan cemas lagi dengan jumlah like. Sisi baiknya, kamu bakal lebih nyantai kalau mau mengunggah foto-video tanpa berpatok dengan angka. Instagram hanya akan menyembunyikan jumlah like secara umum, jadi postingan masih bisa dikasih like dan kamu masih dapat melihat siapa saja yang menyukai postinganmu.


Kompetisi Sosial Berkurang

(foto:New York Post)

Well, karena jumlah likenya nggak tercantum secara publik, kamu nggak akan mudah bandingin jumlah like yang kamu punya dengan orang lain. Suasana kompetitf akan sedikit berkurang dan kamu jadi nggak bisa ‘pamer’ like lagi secara terbuka. Meskipun begitu, kabarnya kamu masih bisa melihat berapa banyak orang yang menyukai postingan yang kamu upload sendiri.


Bisa Fokus dengan Konten

(foto:LifeWire)

Jumlah like nggak lagi jadi patokan buat posting foto atau video tertentu. Suatu postingan nggak akan bisa dinilai buruk secara publik melalui jumlah like yang sedikit. Jadi, kamu akan lebih bebas memilih foto atau video yang kamu sukai untuk diposting tanpa memikirkan jumlah like. Eit, buat kamu yang punya akun bisnis di instagram, kamu masih bisa mengetahui jumlah impressions melalui insight, kok!


Jumlah Pengguna Instagram

(foto:Unsplash)

Dengan susahnya megetahui konten viral dan bagus lewat like, konten akan di lihat berdasarkan comment atau jumlah followers diakunnya. Ini bisa saja membuat instagram digunakan dengan intensitas yang lebih sedikit atau banyak bergantung pengguna. Yang jelas, kamu harus lebih giat ngepoin dan stalking tentang suatu hal, jika kamu ingin tahu tentang hal-hal yang lagi disukai banyak orang.


Sulit Mengetahui Konten yang Lagi Hype

(foto:Instagram)

Meskipun fitur komentar nggak dihapus, tapi bakal susah bagi publik untuk mengetahui konten apa yang sedang banyak disukai orang. Banyak orang sering kali malas mengetik komentar dan lebih suka like karena mudah. Otomatis konten yang lagi viral di instargam nggak akan terlihat dengan like. Beberapa pihak seperti influencer dan brand akan dirugikan karena tidak dapat mengekspose konten secara maksimal.

Editor: Kevin Christian


Share
Create Your Own Article!