Mendengar kata Hollywood akan langsung teringat dengan deretan film-film yang diproduksi di sana. Namun tak jarang beberapa film Hollywood pun mengambil tempat lain sebagai lokasi syuting dengan berbagai pertimbangan. Siprus merupakan salah satu tempat populer baru yang banyak diminati. Dua di antaranya digunakan untuk syuting film Alec Baldwin berjudul S.O.S : Survive or Sacrifice dan fiksi ilmiah baru Nicolas Cage berjudul Jiu Jitsu. Yuk mengulik fakta-fakta tentang Siprus!

Terkenal dengan Pariwisatanya

Ayia Napa, Cyprus (foto:workinayianapa.com)

Sebelum populer untuk tempat syuting film, Siprus atau Cyprus memang sudah dikenal karena destinasi wisata alami dan resort-resortnya yang indah. Negara kepulauan ini memiliki hamparan laut berwarna biru tua dan pasir putih di pantainya. Nggak hanya itu, banyak bukit-bukit hijau yang ditumbuhi pohon zaitun. Beberapa perkampungan nelayan juga banyak menawarkan fasilitas fishing port di Siprus. Setiap tahun sekitar 3,7 Juta wisatawan datang ke Siprus, jumlah wisatawan ini sangat besar dibandingkan jumlah penduduk Siprus yang kurang dari 1 juta.


Cuaca Cerah Sepanjang Tahun

Protaras, Cyprus (foto:Pinterest)

Well, keindahan alam Siprus ini makin lengkap dengan kondisi cuacanya yang bisa dibilang hampir cerah sepanjang tahun. Langit biru dengan awan-awan putih serta matahari terang, membuat Siprus selalu terasa seperti musim panas . Pemerintah Siprus mengklaim cuaca cerah akan berlangsung selama lebih dari 300 hari dalam setahun di sana.


Geografis dan Bangunan Bersejarah

Kyrenia Castle (foto:Pinterest)

Tentu saja pemandangan alami dan cuaca cerah nggak cukup jadi pesona Siprus. Negara yang berada di sebelah selatan Turki ini berada di tengah 3 benua yaitu Eropa, Asia, dan Afrika. Pernah menjadi daerah kekuasaan Britania Raya, nggak Heran kalau sebagian besar penduduk Siprus bisa bahasa inggris. Siprus juga memiliki banyak bangunan peninggalan sejarah, dua di antaranya Kyrenia Castle yang peninggalan Republik Venesia pada abad pertengahan dan Marchais Monastrey biara dengan arsitektur Byzantium.


Studio Film Alami

Ayia Napa, Ciprus (foto:Pinterest)

Karena pesonanya itu, para filmmaker menjuluki Siprus sebagai “Studio Film Alami” . Faktor lainnya, disebabkan murahnya biaya produksi yang akan dikeluarkan dibanding dengan syuting di Hollywood atau tempat-tempat di Eropa lainnya. Meskipun, harus diakui kalau di sana masih kurang penyedia peralatan, transportasi, dan studio sehingga harus membawa sendiri. Tetapi antusiasme dari penduduk Siprus dapat cukup membantu para filmmaker mengurangi kesulitan selama syuting tersebut.


Program Olivewood

Omodos Village, Cyprus (foto:Pinterest)

Sejak menggelar Festival Film perdananya "Cyprus Film Days International Film Festival" yang dihadiri banyak delegasi dari berbagai industri film asing, Ciprus telah mengenalkan program Olivewood. Program ini memudahkan rumah produksi asing yang akan menggunakan Siprus sebagai tempat syuting mereka dengan berbagai  kredit pajak dan diskon hingga 35 persen. Jelas bentuk dukungan pemerintah Cyprus ini merupakan tawaran menarik untuk banyak rumah produksi film asing.

Editor: Edwin Fauqo Nurin


Share
Create Your Own Article!