zetizen.com- Semakin canggihnya teknologi di era saat ini membuat berbagai inovasi baru bermunculan hampir di berbagai bidang. Salah satunya adalah makanan. Uniknya, inovasi terbaru dalam makanan  ini akan membuat kalian teringat dengan kecanggihan salah satu alat Doraemon  yang bisa membuat makanan dengan bahan dasar air dan udara. Wah, beneran ada nggak ya? Simak deh fakta-fakta mengejutkannya berikut ini!

Terbuat dari air, udara, dan listrik

Solein yang sudah dikeringkan (foto:solarfood)

Solein  ditemukan dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan start up di Filandia bernama Solar Food. Lantas, bagaimana mereka menciptakan Solein dari Air, Udara (Oksigen) dan Listrik? Pada Awalnya proses pembuatan dimulai dengan mengalirkan listrik ke air. Kemudian, reaksi keduanya akan menghasilkan karbon dioksida dan gelembung hidrogen. Nah, Solein ini sebenarnya diproduksi lewat mikroba hidup yang memakan karbon dioksida dan hidrogen tersebut. Setelah itu, Solein juga melalui proses fermentasi dengan cara dikeringkan hingga menjadi serbuk.


Ramah lingkungan

(foto:Unsplash)

Solar Food mengklaim bahwa pembuatan Solein  10 kali lebih hemat energi dari pada energi yang di gunakan dalam fotosintesis tanaman kedelai. Mereka juga mengatakan bahwa sumber daya yang digunakan juga 100 kali lebih ramah lingkungan. Ini dikarenakan lebih sedikit air digunakan untuk membuat 1 kg Solein. Apalagi, dalam memroduksi Solein tidak bergantung iklim, cuaca, lahan dan sebagainya. Ini membuat Solein dapat fleksbel diproduksi di berbagai tempat berbeda.


Makanan alternatif mirip tepung gandum

(foto:Pexels)

Solein diciptakan Solar Food dengan tujuan sebagai makanan alternatif bagi manusia agar nggak terlalu bergantung dengan tanaman dan hewan. Mungkin nanti Solein ini bisa mengurangi krisis pangan yang masih terjadi di berbagai belahan dunia. Agak berbeda dengan  Film Doraemon yang menjadikan Solein sebagai bahan makanan utama untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Meskipun tergolong buatan, Solein  yang sudah melewati proses pengeringan dan berbentuk serbuk  ini disebut memiliki rasa yang mirip seperti tepung gandum.  


Kandungan dalam Solein

(foto:Pinterest)

Proyek Solein terinspirasi dari Konsep NASA yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Technical Reserch Centre of Filand Ltd dan Lappeeranta University of Technology tentang pengembangan protein alami bagi astronot. Solar food mengatakan Solein nggak cuma bisa dimakan. Solein juga mengandung beberapa hal yang dibutuhkan tubuh manusia layaknya makanan alami. Komposisi dalam Solein di antaranya, 50 persen Protein alami, 5-10 persen lemak, dan 20-25 persen karbohidrat.


Dapat dibentuk menjadi berbagai macam makanan

(foto:Pexels)

Lebih wow-nya lagi ini, diklaim Solein dapat digunakan dalam berbagai produk makanan di berbagai industri sesuai kehendak konsumen. Baik sebagai bahan dasar maupun campuran makanan sehingga dapat menciptakan inovasi jenis makanan yang baru. Sangat memungkinkan jika nanti roti yang kamu makan atau daging yang dijual terbuat dari serat bahan solein. Well, kita tunggu saja ya, karena Solein baru direncanakan akan dijual resmi tahun 2021. Wih, udah nggak sabar buat nyoba nih!


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!