Zetizen.com - Buat yang berkunjung ke Jogja dalam bulan ini, kalian punya satu lagi tambahan tempat wisata yang bisa menuhin feed di Instagram-mu nih. Yap, ARTJOG 2019 kali ini menyuguhkan banyak banget karya seni rupa kontemporer yang nggak hanya epic di kamera aja, tapi juga punya makna yang mendalam disetiap goresannya. Karena diikuti oleh sekitar 39 seniman, pastinya karya seni yang ditampilkan banyak banget, ya. Nah, biar nggak bingung mau nikmati yang mana dulu, Zetizen bakal nge-highlight 5 karya seni yang harus kamu lihat saat ke ARTJOG MMXIX.

Taman Penuh Estetika

Taman Yang Beda Dari Yang Lain. (foto:Abi/Zetizen Team)

Kalian pasti berpendapat kalau taman yang satu beda banget dengan taman yang sering kita jumpai di tengah kota biasanya. Karya seni garapan Handiwirman Saputra ini emang unik dan sangat artifisial. Mungkin biasanya kita sepakat bahwa penggambaran sebuah taman adalah tentang hijaunya rerumputan atau indahnya bunga bermekaran. Eits, tapi taman yang satu ini bakal membuat kita berpikir dua kali tentang kesan apa sih yang pengen di munculkan oleh kuratornya.

Karya seni yang ada di depan setelah pintu masuk ini ternyata juga dibuat ala-ala melihat sebuah arkeologi loh. Jadi, kamu bakal berasa seperti berdiri diatas sebuah benda bersejarah yang berusaha diangkat nilainya dan diolah seperti sebuah taman. Nggak tanggung-tanggung, Handiwirman sampai harus menggali halaman Jogja National Museum sedalam 4 meter dan mengekspos hal-hal yang selama ini terkubur di dalamnya seperti bebatuan dan plastik bekas. Keren banget kan?


Sensasi Bawah Laut ala Daun Khatulistiwa

Serasa Dibawah Laut. (foto:Abi/Zetizen Team)

Di karya seni ini kamu bakal ngerasa seperti ada di bawah laut dan melihat secara langsung proyek ARTificial Reef, milik Teguh Ostenrik. For your information, ARTificial Reef sendiri adalah sebuah instalasi dalam air yang bentuknya mirip seperti daun Jati dengan tujuan untuk melestarikan ekosistem laut. Jadi, pada tahun 2013 yang lalu, Daun Khatulistiwa ini udah jadi tempat tinggal oleh berbagai biota laut loh.

Alasan kenapa Daun Khatulistiwa bisa hadir di ARTJOG 2019 ini adalah untuk mempromosikan dan mengajak masyarakat buat lebih peduli dan berkontribusi untuk kelestarian laut. Dengan konsep yang Instagrable, Daun Khatulistiwa wajib banget deh untuk masuk di feed Instagram kamu. Selain keren, kamu juga jadi salah satu orang yang mempromosikan gerakan ini loh.


Mau Nonton Humba Dreams? Lihat Dulu Unexposed-nya Disini

Pengalaman Baru Nikmati Film (foto:Abi/Zetizen Team)

Udah pada tau kan kalau Sutradara kondang Riri Riza bakal merilis film terbarunya yang berjudul Humba Dreams? Film yang bercerita tentang Kebudayaan pulau Humba atau biasa kita kenal Sumba ini ternyata punya sisi (Un)Exposed-nya dan itu cuma bisa kamu lihat di ARTJOG 2019.

Saat pertama kali masuk, kamu bakal bertemu dengan beberapa instalasi patung.  Di dalam patung itu, kamu bisa mengintip sebuah layar kecil yang isinya sebuah potongan rol film dari hasil pembuatan film Humba. Jadi kamu harus duduk supaya bisa jelas menonton apa yang ada di dalam instalasi patung tersebut. Dan kabar gembiranya adalah, kamu bisa menukarkan tiket ARTJOG yang sudah kamu beli buat nonton film Humba gratis loh. Jangan sampai tiketnya kebuang, ya!


Jajan Di Warung Murakabi

Manekin? Udah Nggak Jaman Lagi. (foto:Abi/Zetizen Team)

Spot ini mungkin bakal jadi spot yang paling rame selama kamu berkunjung ke ARTJOG 2019. Warung Murakabi yang artinya bermanfaat  bagi sesama ini adalah sebuah seni instalasi yang punya wujud seperti warung. Didalamnya kamu bisa jajan minuman dan makanan tradisional. Nggak hanya itu, Warung Murakabi juga menjual koleksi baju garapan designer Lulu Lutfi Labibi yang dipajang seperti orang-orangan sawah.

Setelah capek keliling, nggak ada salahnya kamu mampir ke Warung Murakabi dan cicipin berbagai olahan lokal yang dijajakan, ya! Hihi.


Menyusuri Lawang Kala

Siap Rasakan Sensasi Melewati Perangkap Ikan? (foto:Abi/Zetizen Team)

Ini nih yang bikin makin terkesan dengan ARTJOG kali ini. Saat menuju pintu keluar, kamu bakal melewati sebuah instalasi dari bambu yang mirip banget kayak perangkap ikan tradisional. Perpaduan suara gemericik air dan wangi-wangian alami khas pohon bambu bikin kita terperangkap dan nyaman dalam ruangan tersebut. Bikin betah dan nggak mau keluar deh.

Spesial projek milik Sunaryo ini juga punya makna dan filosofi yang dalem banget loh. Jalinan bambu itu digambarkan seolah-olah orang yang sedang melewati ruang dan waktu sambil merenung. Lalu kamu tinggal pilih deh, masih mau terjebak dalam situasi itu atau justru mau mencoba keluar dari perangkatpwaktu?

So, masih banyak karya seni keren yang bisa kamu temui di ARTJOG MMXIX. Selain memuaskan mata dan pikiran, disini kamu juga bisa belajar tentang arti penting mencintai lingkungan.

*

Editor: Rafika Yahya


Share
Create Your Own Article!