zetizen.com - Akhir-akhir ini banyak berita tentang terjadinya gempa bumi di wilayah tertentu. Meskipun ada peringatan dari BNPB, kamu tetap perlu tahu apa saja yang harus dilakukan saat wilayahmu diguncang oleh gempa. Nih, ada hal-hal yang perlu kamu lakukan dan perhatikan ketika gempa! Yuk, simak!

Berada di Indoor

(foto:mokissclipart)

Kalau kamu sedang berada di dalam ruangan, yang paling penting adalah tenang dulu dan jangan panik. Kalau kamu lagi bareng orang lain, suruh orang tersebut untuk tenang juga. Langsung cari perlindungan di bawah kolong meja dan usahakan kepala kalian terlindung dari benda-benda yang akan menimpa. Jauhi barang-barang seperti lampu gantung, kaca, jendela, buku, dan perabotan lainnya. Kalau disekitarmu ada benda empuk seperti bantal, gunakan untuk melindungi kepalamu. Usahakan tetap di dalam ruangan sampai getaran berhenti dan aman untuk keluar dari ruangan.


Saat Sedang di Outdoor

(foto:Msssensational)

Tetap di sana sampai guncangan berhenti. Usahakan menjauh dari gedung bertingkat, tiang-tiang, kabel listrik, dan pohon. Cari ruangan terbuka seperti lapangan sebagai tempat yang paling aman untuk titik kumpul. Lalu, berlutut dan gunakan tangan untuk melindungi kepala. Kebanyakan orang yang cedera saat gempa terjadi adalah akibat tertimpa reruntuhan dari kaca yang beterbangan dan benda-benda yang jatuh.


Posisi Berkendara

(foto:Autodeal)

Bila kamu sedang berada dalam mobil, ambil sisi jalan untuk berpindah ke tempat yang lebih aman. Jangan berhenti di jembatan, depan bangunan, pohon, dan tiang listrik. Nggak usah kaget kalau bakal ada sesuatu yang rusak dari kendaraanmu. Hal tersebut merupakan efek dari goncangan. Setelah gempa selesai, lanjutkan perjalanan dengan hati-hati dan usahakan mencari jalan yang belum retak.


Terjebak di Dalam Gedung?

(foto:Kpbs)

Bila kamu terjebak dalam bangunan atau puing, usahakan jangan menendang barang yang ada di sekitarmu, bergerak dan tidak menyalakan korek api. Gunakan kain untuk menutupi mulutmu agar tidak terkena debu-debu. Ketuk barang yang menghasilkan bunyi agar orang yang mendengar bisa menyelamatkanmu. Manfaatkan emergency bag yang kamu bawa. Ingat, jika kamu panik dan berteriak, maka energimu akan semakin cepat habis dan bisa-bisa lebih banyak menghirup debu yang ada di sekitarmu!


Sesudah Gempa

(foto:Ekathimerini)

Setelah gempa sudah berhenti, bersiap-siaplah untuk gempa susulan. Biasanya mereka datang selang beberapa jam atau hari, kemungkinan juga bisa lebih rendah atau bahkan lebih kuat dari gempa sebelumnya. Matikan tegangan listrik dan kompor gas. Jangan dekati pula benda yang bergeser apalagi lemari yang berisi kaca. Jika wilayahmu berada dekat laut, maka perhatikan peringatan tsunami dan segera pindah ke dataran yang lebih tinggi. Kalau masih ada akses internet, jangan lupa hubungi keluarga dan teman terdekat bahwa kondisimu baik-baik saja.


Gempa 'Starter Pack'

(foto:LAist)

Bawalah barang-barang ini untuk bertahan beberapa saat, sehingga bisa survive bila terjadi gempa:

  • Air minum agar tidak dehidrasi
  • Snack yang cukup mengenyangkan
  • Bawa senter beserta baterai untuk penerangan
  • P3K untuk mengobati ketika ada luka
  • Masker atau kain sebagai pelindung hidung dan mulut
  • Kacamata bila diperlukan

Editor: Kevin Christian


Share
Create Your Own Article!