Nah! Akhirnya pengadilan Los Angeles memutuskan lagu Dark Horse menjiplak bagian dari lagu Joyful Noise. Jadi begini ya teman-teman, sengaja atau nggak sengaja, sebagian atau seluruhnya meniru, meminjam, mengambil tanpa mencantumkan pencipta suatu karya tetap termasuk plagiarisme. Well, tanpa disadari sehari-hari kita bisa menemukan kegiatan plagiarisme dimana-mana loh!  Yuk intip 4 di antaranya!

Memakai Lagu atau Kata-Kata Orang Sebagai Jargon

(foto:Steemit)

Yap! Kalian pernah mendengar tagline atau lagu tertentu sebagai jargon. Hal seperti ini bisa dikategorikan juga sebagai plagiarisme, loh. Jika kamu ingin menampilkan dan mengkreasikan jangan lupa mencantumkan penulis, penyanyi atau pencipta tagline dan lagu tersebut ya!


Mencontek Tulisan Orang Lain

(foto:Prakshal)

Well, mencontek memang sudah pasti termasuk perbuatan jelek. Tapi nggak banyak orang sadar kalau mencontek tulisan orang termasuk perbuatan Plagiarisme. Nggak hanya menyalin, mencontek dengan cara meringkas, memparafrase (menulis ulang dengan kata-kata sendiri dan hanya mengubah sedikit-sedikit) dan mengutip juga termasuk plagiarisme, guys. Jadi, kalau waktu cari bahan buat presentasi dan tugas, jangan lupa menulis daftar pustakanya, ya!


Mengunduh Gambar dan Mengunggahnya Ulang

(foto:Unsplash)

Tanpa kita sadari, mengunduh gambar dari situs-situs dan meng-upload ulang gambar merupakan bisa jadi bentuk plagiarisme, lho! Ini bisa terjadi kalau kamu nggak mencantumkan dari mana sumbernya. Contoh kecilnya : mengunduh gambar kemudian mengupload dan menggunakannya sebagai background maupun isi dari Instastories dan blog milikmu tanpa mencantumkan situs asal gambar.


Membuat dan Menggunakan Barang KW

(foto:Pinterest)

Menggunakan barang palsu/KW merupakan contoh plagiarisme, loh! Produsen barang KW secara nggak langsung sudah mencuri gagasan dari desainer barang-barang tersebut.  Ditambah lagi mereka sudah mengambil keuntungan tanpa memberikan royalti. Jangan sampai kamu jadi salah satu konsumennya ya, itu sama saja kamu dukung gerakan plagiarisme ide. Well, mending beli produk brand lokal deh, dari pada maksa beli barang branded tapi KW yekan!

Editor: Edwin Fauqon


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!