zetizen.com- Setelah Jay Z dan the Dead & Co, Miley Cyrus juga dikabarkan ikut keluar dari daftar penampil festival musik Woodstock 50. Tidak adanya kepastian dari pihak penyelenggara menjadi penyebab utama dari gagalnya festival ini. Biar acara atau event yang sedang kamu persiapkan nggak ikut bermasalah seperti Woodstock, yuk cek 5 hal berikut yang wajib dilakukan !

Mempelajari kontrak kerja sama dengan baik

(foto:Unsplash)

Kerja sama sama dengan pihak luar memang hal sensitif yang harus banget kita perhatikan. Sponsor atau media partner, kamu harus benar-benar memahami apa yang ada dalam kontrak kerja sama. Jangan sampai kamu nggak sepaham dengan pihak sponsor atau media partnernya.


Konsisten dalam menjalankan kesepakatan dengan pengisi acara

(foto:Pinterest)

Setelah deal, kamu juga harus memastikan kesepakatan dijalankan dengan baik. Ini akan memengaruhi kepercayaan dari guest-star atau pengisi acara yang kamu undang. Woodstock sudah menjadi sorotan sejak mereka terlambat melunasi fee dari band, musisi dan pengisi acara. Hal itu dipercaya menjadi salah satu penyebab awal banyaknya artis yang meragukan keberlangsungan Woodstock dan akhirnya banyak pengisi acara yang berderet untuk keluar. Jangan sampai acara kamu punya nasib yang sama. Calon penonton atau peserta jadi mikir-mikir lagi bahkan sampai batal buat gabung di acara atau event kamu!


Menjaga hubungan baik dengan investor


Masalah pendanaan  jadi hal paling krusial dalam acara. Apalagi jika acaramu butuh uang dalam jumlah yang besar. Salah satu pihak mengatakan bahwa adanya masalah dengan Woodstcock ke 50 nggak lain karena  tidak konsisten dalam menjalankan poin-poin dalam kontrak kerja sama. Hal itu menyebabkan investor berhenti mendanai Woodstock 50. Jadi, pastikan saat membuat kesepakatan dengan pihak-pihak yang memberi  dana, kamu harus hati-hati dan berusaha untuk konsisten menjalankan kesepakatannya ya !


Menghindari penyelesaian masalah dengan jalur hukum


Well, adanya kontrak resmi tertulis memang membuat adanya jaminan hukum dalam kesepakatan antara acara kamu dan pihak yang bekerja sama dengan kamu.  Meskipun begitu, kamu harus membuat ini jadi pilihan terakhir saat ada masalah. Setelah masuk jalur hukum Woodstock makin jadi sorotan. Meskipun pada akhirnya memang masih tetap diadakan, tapi makin banyak tekanan yang diterima acara itu. Contohnya, media yang semakin gencar mencari tahu.


Selalu punya Plan B, C, dan D

(foto:Unsplash)

Tidak hanya satu rencana cadangan, kamu juga harus punya beberapa rencana cadangan darurat saat acara kamu sedang mengalami masalah . Plan cadangan sebaiknya harus bersifat efektif, praktis dan mampu membuat dampak positif yang besar, kalau nggak masalah yang ada akan semakin berlarut-larut. Sampai sekarang penyelenggara  acara belum mengumumkan tempat diadakannya Woodstock 50 karena kendala izin. Mereka juga belum mengumumkan kapan dibukanya penjualan tiket sedangkan tanggal pelaksanaan sudah tinggal beberapa hari.


Share
Create Your Own Article!