zetizen.com- Salah satu fashion item yang kini tengah booming adalah puffy sleeves. Nggak hanya memberi kesan outfitmu jadi lebih bervolume, puffy sleeves bisa menambah keanggunan dari outfit kamu buat para perempuan yang ingin tampil lebih elegan. Kalian juga bisa mengkreasikan puffy sleeves sendiri dirumah loh dengan mengikuti DIY dari Rini Indriyani, mahasiswi Tata Busana Universitas Negeri Surabaya berikut ini. Yuk, ikuti langkah-langkahnya! (syl/mel)

Rini Indriyani

Universitas Negeri Surabaya

Alat dan Bahan :

  1. Kemeja / Blouse
  2. Kain  untuk puffy sleeves (bahan dan jenis menyesuaikan kebutuhan)
  3. 1 lembar kertas karton putih
  4. 1 lembar kertas karton coklat
  5. Gunting
  6. Benang
  7. Pensil
  8. Penggaris
  9. Jarum

Follow the Step!                                                  

  1. Mulai ukur lingkar lengan dari kerung lengan (lengan atas) sampai bawah lengan menggunakan penggaris dan karton coklat. Gambar panjang ukuran menggunakan pensil.
  2. Setelah itu, dilanjutkan menggambar pola pada kertas karton putih dengan menarik garis lurus sesuai panjang lengan lalu membentuk tanda plus (+) seperti layang-layang dan kemudian ditebalkan menggunakan spidol. Beri jarak 5 cm antar pola agar dapat melingkar pada lengan baju.
  3. Selesai pola digambar, gunting pola dasar sesuai dengan gambar diatas kertas karton putih.
  4. Selanjutnya menggambar bispan (lingkar bawah lengan).
  5. Merombak lengan baju yang hendak ditambahan puffy sleeves dengan didedel atau membuka lengan baju asli.
  6. Dialnjutkan dengan memotong pola dengan cara kain dilipat jadi 2 bagian sesuai arah serat kain kemudian pola diletakkan diatas kain dengan cara di semat menggunakan jarum pentul.
  7. Perhaitkan pemotongan bispan (lengan bawah, sebab caranya berbeda dengan pola lengan. Untuk pola bispan harus miring 45° ke arah serat kain
  8. Membuat kerutan pada sisi lengan atas dan lengan bawah dengan cara menambah jaitan bantu 2 jalur atas dan bawah dengan jarak 1/2cm di bagian yg akan di kerutkan, kemudian tarik benang yang sudah terpasang.
  9. Menyatukan puffy sleeves yang sudah jadi dengan kemeja / blouse awal yang sudah disiapkan.
  10. Untuk bagian finishing adalah dengan menjahit bispan bagian bawah. Caranya dengan melipat bispan kedalam dan kemudian dijahit dengan rapi. (syl)

 

Kemeja  dengan puffy sleeves sudah siap dikenakan. Selamat mencoba di rumah ya!

 

Writer: Sylvia Dhea Angesti

Editor: Melisa Nirmala Dewi

Foto: Jefri/ZETIZENTEAM

Share
Create Your Own Article!