Teater boneka dikenal sebagai padu-padan antara yang kuno dengan yang kekinian. Yap! Teater dengan medium boneka ini dapat menghidupkan kembali tradisi “mendongeng” dengan kemasan lebih unik. Seperti Papermoon Puppet Theatre yang terlebih dulu melanglang buana, pertunjukan ini juga mampu menampilkan isu yang akrab dan menarik, serta sesuai dengan selera masa kini. So, apa aja sih teater boneka yang ada di Indonesia

 

Flying Balloons Puppet


Teater boneka asal Yogyakarta yang digawangi oleh Meyda Bestari ini sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan pementasan pertamanya yang berjudul “Hadiah Kecil”. Tema cerita yang sering dibawakan oleh FBP ini kerap kali mengenai hal-hal berbau isu lingkungan, mitos, dan supranatural lainnya.

FBP sudah ikut serta di beberapa event besar loh, diantaranya yaitu festival pesta boneka, art jakarta serta menjadi peserta Ruang Kreatif di Galeri Indonesia Karya. FBP juga optimis untuk bisa menyalurkan kreatifitas dan ide mereka dalam ranah teater boneka sehingga dapat mengubah “image” teater boneka dan mengenalkannya ke seluruh lapisan masyarakat.Wow, so awesome!


Ayo Dongeng Indonesia


Indonesia kaya akan budayanya, salah satunya kaya akan seni teater bonekanya. Salah satunya teater boneka Ayo Dongeng Indonesia. Berawal dari kampanye gerakan mendongeng untuk anak Indonesia, Ayo Dongeng Indonesia lahir sebagai teater boneka dalam bentuk komunitas sosial.

ADI menjadikan teater boneka sebagai wadah mendongeng dengan tujuan kegiatan sosial untuk membagikan cerita inspiratif, keceriaan, motivasi, dan imajinasi. Para puppeteer dari ADI menyebut diri mereka sebagai “relawan dongeng”. ADI juga telah menghadiri beberapa teater bergengsi loh, seperti Pesta Boneka dan Festival Dongeng Internasional Indonesia.


I-Pedalangan


Om Swastyastu! Yap, kali ini teater boneka hadir dari sekelompok anak muda asal tanah Bali yang menamai diri mereka I-Pedalangan. Pementasan karya dari I-Pedalangan mengolaborasikan nilai-nilai kesenian tradisi pewayangan Bali dengan Boneka Gendong oleh I Gusti Made Aryana.

I-Pedalangan didirikan pada tahun 2016 yang digagas oleh I Putu Gede Indra Parusha, Dalam komunitasnya, I-Pedalangan menggaet sekelompok dalang dan perancang boneka yang kiprahnya di dunia teater boneka tak perlu diragukan lagi. I-Pedalangan juga turut serta tampil di Pesta Boneka, Galeri Indonesia Kaya serta telah pentas keliling Bali sepanjang tahun 2016 loh. Di setiap pementasannya, I-Pedalangan bertujuan untuk dekat dengan masyarakat berbalut seni teater boneka yang disetiap karyanya dibalut dengan humor.



*

Penulis: Devanny Aya

Editor: Rafika Yahya


Share
Create Your Own Article!