Zetizen.com- Hari raya idul adha nggak cuma diperingati dengan pemotongan hewan kurban, tapi juga sajian makanan serba enak. Tapi, banyak makanan yang enak di lidah tapi nggak enak di lemak. Iya, bikin gendut dan diet jadi gagal, deh. Hiks. But, no more worries. Zetizen sudah siapkan tiga tips untuk kamu yang pengen tetap kurus tanpa kehilangan momen makan enak-enak di hari raya. Kuy dipraktekkan.

 

Ganti Nasi dengan Kentang

(foto:uktv)

Kita semua tahu kalau karbohidrat adalah musuh terbesar dari diet. Apalagi kalau nasi dijadikan makanan pendamping gulai sapi, kare kambing, dan lain sebagainya. Hmm, enak sih. Tapi siap-siap aja timbangan berat badan langsung melonjak naik beberapa hari setelah hari raya.

Solusinya, kamu bisa mengganti nasi panas dengan kentang. Selain diolah dengan cara direbus, kamu bisa membuat sajian kentang dengan cara lain. Misalnya membuat kentang tumbuk atau mashed potato. Kalau pengen yang crunchy, kamu bisa membalur kentang yang sudah dipotong kecil-kecil dengan tepung, lalu digoreng dengan cara deep-fried. Kalau pengen yang lebih sehat lagi, kamu bisa membuat kentang oven. Selain lebih sehat, mengganti nasi dengan kentang bikin sajian makanan lebih unik dan variatif.


Ganti Garam dengan Rempah-rempah

(foto:spice jungle)

Kata orang, kebanyakan makanan sehat adalah makanan yang nggak enak. Demikian pula sebaliknya. Makanan nggak sehat adalah makanan yang enak. FYI, it's true. Garam adalah penyebab makanan jadi nggak sehat karena garam bikin ginjal nggak bisa memproses makanan dengan benar.

Sayangnya, banyak yang bilang makanan tanpa garam bakal terasa nggak enak. Padahal, kamu bisa mengganti garam dengan bahan rempah-rempah lainnya. Seperti jinten, tumbukan jahe, lengkuas, bahkan daun jeruk. Selain bikin tubuh lebih sehat, penggunaan rempah bakalan bikin masakanmu lebih kaya rasa.


Minum Air Sebelum Makan

(foto:curiosity)

Kadang, yang bikin berat badan bertambah bukan cuma dari makanan, tapi dari proses makan kita. Sebanyak apapun makanannya, kalau otak kita bilang masih lapar atau masih kurang, maka kita akan disugestikan untuk menambah porsi makanan kita.

So, cara untuk menurunkan berat badan lebih cepat adalah dengan menstimulasikan pada otak bahwa kita sudah kenyang, bahkan sebelum makan. Caranya dengan minum 250-500ml air putih sebelum makan. Jadi, ketika makan, otak kita bakal merasa kalau kita sudah kenyang dan sudah cukup. Kamu nggak akan merasa butuh tambah makanan lagi.

Jadi gimana? Sudah siap mengurangi berat badan?

-

Penulis= Rafika Yahya




Share
Create Your Own Article!