Zetizen.com -Tren liburan terus berkembang pesat. Salah satunya dengan kemunculan istilah-istilah baru. Yang paling baru adalah mobile-moon atau solo travel dengan mengandalkan ponsel. Sebelum melakukan hal ini waktu weekend, yuk ngobrol bareng Trinity, sosok traveler yang sudah menelurkan beberapa buku seperti serial The Nekad Traveler. Penasaran? Yuk cari tahu tipsnya!

Z: Halo Kak Trinity! Pernah dengar istilah mobile-moon nggak?

(foto:instagram)

T: Wah, istilah baru ya! Kalau solo-travel sih udah sering.


Z: Mobile-moon ini penting untuk dilakukan nggak sih?

(foto:businessinsider)

T: Yang namanya solo travel, tentu kita membutuhkan ponsel sebagai penunjuk arah dan pemberi jawaban. Tentunya butuh dan penting dilakukan, dong. Tapi jangan terlalu mengandalkan HP. Kalau terlalu percaya ponsel, jadinya nggak ada interaksi dengan masyarakat sekitar dong. Jangan sampai solo traveling bikin kamu nggak hati-hati lagi dalam liburan. Karena terlalu fokus dengan ponsel.


Z: Emangnya ada resikonya ya?

(foto:businessinsider)

T: Sejauh ini sih nggak ada. Karena mau solo travel atau rame-rame, kamu juga pasti butuh ponsel. Mungkin resikonya adalah kekurangan di destinasi bikin kamu jadi hectic sendiri. Misalnya nggak ada wifi, atau parahnya lagi, nggak ada sinyal. Jadinya kamu bingung, tuh. That's why aku menyarankan untuk nggak terlalu nunduk mainin ponsel dan mengandalkannya, karena harus tetap ngobrol sama penduduk sekitar.


Z: Aplikasi apa aja yang paling direkomendasikan?

(foto:dissolve)

T: Pertama, kalau lagi keluar negeri, jangan lupa cek mata uang atau currency di XA.com. Kedua, yang nggak kalah penting adalah Google Translate. Karena ada fitur offline dan bahasanya pun lengkap. Tiga, untuk hotel, bisa pakai booking.com atau tiket.com. Banyak diskonnya euy! Hehehe.


Z: Terakhir nih, apa aja sih saran Kak Trinity buat Zetizen yang bakal mobile-moon?

(foto:instagram)

T: Mobile-moon bukan berarti kamu liburan dan hanya berinteraksi dengan ponsel. Kalau pengen ponsel tahan lama baterainya, gunakan ponsel untuk kepentingan tertentu. Jangan digunakan di free time. Kalau perlu dibuat flight mode, ya.


Share
Create Your Own Article!