zetizen.com- Annyeong haseyo! Siapa bilang kuliah di Korea itu cuma mimpi. September ini, pemerintah Korea kembali memberikan kesempatan buat pelajar Indonesia untuk kuliah gratis di negeri gingseng tersebut. Global Korea Scholarship atau biasa dikenal GKS ini mendanai beberapa beasiswa seperti pendidikan Master, short course, summer course dan beasiswa khusus buat lulusan SMA sederajat yang mau menempuh kuliah diploma atau sarjana di Universitas Korea. Tenang, semuanya gratis!

(foto:Dok. Pribadi)

Fitra Delviona, lulusan Fakultas Kedokteran Hewan di IPB University, adalah satu dari 10 mahasiswa Indonesia yang mengikuti short course selama 5 minggu pada program GKS 2018 yang lalu. For your information, untuk mendapatkan beasiswa GKS ini ternyata ada beberapa triknya loh. Yuk intip tip dan trik dari Fitra supaya kamu bisa lolos beasiswa ini!


Pelajari Tiap Program dengan Seksama

(foto:Dok. Pribadi)

Pastikan kamu sudah mengenali tentang program beasiswa yang akan kamu ikuti. Pelajari sedetail mungkin supaya nggak ada miskomunikasi. Selain itu, kamu juga harus cari tau lebih lanjut tentang universitas pilihanmu. Info ini bisa kamu dapetin melalui internet atau berdasarkan pengalaman mereka yang pernah mengikuti program tersebut. Untuk program short course, pastiin jurusanmu ada di dalam kualifikasi program tersebut.


Nggak Harus fasih Bahasa Korea.

(foto:Dok. Pribadi)

Kamu nggak  harus bisa bahasa Korea untuk mendapatkan beasiswa GKS. Karena saat kamu mengambil program Undergraduate, kamu bakal belajar bahasa Korea pada satu tahun pertama. Les ini juga kamu dapatkan secara gratis. Justru yang harus kamu pikirin adalah gimana supaya nilai TOEFL mu harus mencapai batas minimal. Karena kemampuan berbahasa Inggris justru sangat di perlukan. But, kabar baik buat kamu yang udah punya kemampuan bahasa Korea dan dibuktikan dengan serifikat TOPIK level 5 atau 6, pemerintah Korea bakal memberikan uang saku tambahan sebagai apresiasi loh! Makin semangatkan.


Percaya Diri Tulis Essay atau Study Plan.

(foto:Dok. Pribadi)

Essay atau study plan ini jadi hal yang krusial buat kamu yang ingin mengajukan beasiswa keluar negeri. Hal yang paling penting adalah just be yourself dan harus jelas. Latar belakang dan tujuan essay mu jadi pokok penting yang punya penilaian paling besar. Jangan lupa juga buat perhatikan tata bahasa yang telah kamu tulis. Dan jangan malu untuk meminta bantuan orang lain untuk mengoreksi tulisan kamu ya. Kalau perlu minta bimbingan langsung dari teman yang pernah punya pengalaman student exchange.


Siapkan Surat Rekomendasi.

(foto:Dok. Pribadi)

Peserta Short Course GKS ini adalah mahasiswa dari perguruan tinggi Indonesia yang pada saat pengajuan beasiswa telah mengikuti proses perkuliahan. So, rekomendasi dari dosen itu ternyata bisa jadi tambahan poin nilai kita. Semakin kita punya track record yang baik di mata dosen tersebut, maka peluang kita bakal semakin besar. Nah buat program Undergraduate, pastiin nilai rapor kalian berada rata-rata paling tinggi 20% dari total keseluruhan siswa. Beberapa sertifikat akademik maupun non akademik juga bisa kamu apply asal menunjang dan sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Yuk, kalian pasti bisa!


Unjuk Gigih saat Wawancara.

(foto:Dok. Pribadi)

Tahap paling akhir yang kamu lalui untuk mendapatkan beasiswa GKS ini adalah pada saat wawancara. Karena jadi tahap yang paling penting, kamu harus menunjukan bagaimana diri kita sebenarnya. Tapi jangan sampai kelihatan nervous, ya! Sebisa mungkin kamu harus terlihat tenang tapi tetap mantab saat menjawab. Tunjukan bahwa kalian memang benar-benar layak untuk bisa mendapatkan program ini. Jangan sampai asal karena cuma pengen ketemu oppa. Hihi.


Gagal? Coba Lagi!

(foto:Dok. Pribadi)

Kalau kamu merasa semua usaha telah dilakukan, hal yang paling penting adalah berdoa dan pasrah. Inget ya, rejeki nggak bakal ketuker kok. Kalau kamu belum bisa mendapatkannya sekarang, bukan berarti tahun depan juga pasti gagal. Gunakan waktu untuk tambahan pengalaman dan memperbaiki kualitas diri, di jamin kamu nggak akan gagal di kesempatan selanjutnya. Fighting!

 

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa buka website resmi wwww.studyinkorea.go.kr. Perhatikan timeline-nya dan selamat mencoba!


Share
Create Your Own Article!