Zetizen.com - Musim pancaroba memang perlu dihadapi dengan banyak persiapan. Nggak cuma imunitas tubuh, kondisi kulit pun bisa terancam kalau nggak dirawat dengan baik. Kondisi cuaca yang panas dingin rawan banget bikin kulit kita rusak. Oleh karena itu, kita butuh beberapa produk skincare selama musim pancaroba. Yuk, simak produk skincare apa aja yang wajib kita pakai selama musim pancaroba!

Cari Facial Wash yang Melembabkan

(foto:Unsplash)

Di malam hari, kulit kita bakal melakukan regenerasi. Jadi, tetap akan ada sel kulit mati yang harus di bersihkan ketika bangun tidur. Produk cleanser yang cocok kamu gunakan adalah micellar water seperti Emina Bright Stuff Water atau Nivea Micellair Pearl White karena lebih simpel dan praktis digunakan pada pagi hari karena nggak perlu membersihkan sisa make up yang tebal. Produk cleanser-nya sendiri juga harus dipilih sesuai dengan jenis kulitmu agar hasilnya makin optimal. Untuk penggunaan setelah beraktivitas, cleanser jenis cleansing milk dan oil cleanser milik Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water cocok jadi pilihannya karena bakal membantu membersihkan kotoran yang mungkin saja menempel karena hembusan angin yang kencang secara lebih optimal. Jangan lupa untuk langsung membersihkan wajah ketika terkena air hujan, yaa! 


Pakai Toner Agar Kulit Tidak Kusam

(foto:Pinterest)

Efek toner yang melembabkan ini bakal membantu kulitmu agar terlihat lebih sehat dan nggak kusam. Pemilihan toner yang benar juga akan membantu mengecilkan pori-pori. Hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol, karena itu akan membuat keadaan kulitmu makin kering. Untuk menghilangkan kusam, kamu juga harus memilih toner dengan kandungan acid di dalamnya karena itu akan mengupas kulit mati. Walaupun mengandung kadar asam yang cukup tinggi, toner ini akan tetap aman untuk dipakai secara rutin. Yang terpenting, kamu harus bisa mengenali jenis kulitmu dulu, yaa. Untuk kulit normal cenderung kering, kamu bisa pilih Pixi Glow Tonic Exfoliator Toner dan Innisfree Jeju Volcanic Pore Productnation Toner untuk kulit berminyak. Kalau ragu, kamu bisa pakai air mawar sebagai gantinya karena air mawar akan cocok untuk semua jenis kulit.


Serum dengan Kandungan Vitamin C


Selain kaya dengan antioksidan, penggunaan serum dengan vitamin C juga bakal melindungi kamu dari kerusakan kulit akibat paparan matahari langsung. Untuk jenis kulit kering, kulit mereka justru akan makin kering di siang hari dan jika dibiarkan, akan memunculkan kerutan-kerutan halus, loh! Serum vitamin C akan membantu melembabkan dan membuat kulitmu tetap glowing. Salah satu serum mengandung vitamin C yang bisa kamu pilih seperti The Body Shop Vitamin C Skin Boos atau Wardah C Defense Serum yang memiliki kandungan Hi-Grade Vitamin C 10%. Selain vitamin C, antioksidan yang terkandung juga bakal membantu kamu untuk mengurangi peradangan. Nggak perlu worry lagi, deh!


Pakai Moisturizer yang Ringan

(foto:Pinterest)

Kulit yang sehat adalah kulit yang terhidrasi dengan baik. Jenis-jenis moisturizer yang bisa kamu pakai pun beragam mulai dari gel, oil dan buttery. Semua bisa kamu pilih sesuai dengan jenis kulit. Tapi pastikan tekstur moisturizer yang kamu gunakan masih ringan, mudah menyerap dan nggak justru membuat kulitmu terlihat sangat berminyak, yaa. Beberapa produk moisturizer rekomendasi Zetizen adalah Sebamed Moisturizing Cream yang cocok untuk melembabkan kulit wajahmu yang sensitif atau Skin Aqua Moisturizing Milk karena selain melembabkan, produk ini juga udah dilengkapi SPF yang membantu menjaga kulit dari paparan matahari.


Wajib banget Pakai Sunscreen

(foto:Pinterest)

Perlindungan yang nggak boleh lupa kamu lakukan adalah menggunakan sunscreen sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Carilah sunscreen yang mengandung setidaknya SPF 30 seperti Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ atau Wardah Sunscreen Gel SPF 30 buat yang suka tekstur creamy untuk melindungi kulitmu dari sinar UV. Masalah kulit yang serius juga akan datang kalau kamu nggak rajin pakai sunscreen. Selain itu, aplikasikan sunscreen setidaknya 2 kali dalam sehari ya, supaya kulitmu tetap terjaga saat musim pancaroba datang.


Pakai Lipbalm Sebelum Bibir Kering Melanda

(foto:Pinterest)

Karena tubuh sering kekurangan cairan saat siang hari, bibir jadi gampang banget kering. Solusi utama supaya bibir nggak kering adalah dengan selalu mengaplikasikan lipbalm yang dapat mengunci kelembaban bibirmu. Apalagi sekarang banyak banget lipbalm dengan shade warna yang cantik seperti Maybellin Baby Loves Color atau Vaseline Lip Therapy. Kemasannya yang praktis juga mudah untuk dibawa kemana-mana. Eits, tapi kamu harus menghindari produk lip balm yang mengandung bahan kimia seperti mentol, ya. Karena itu justru akan membuat bibir jadi cepat kering. Coba cari produk yang memiliki kandungan vitamin E atau kamu juga bisa DIY menggunakan bahan alami seperti aloe vera atau madu.


Aloe Vera di Malam Hari

(foto:Pinterest)

Saat hari mulai malam, udara di musim pancaroba cenderung dingin dengan tipe angin yang kering. Nggak heran deh, kalau kulit kita jadi gampang kering. Salah satu skincare yang mudah diaplikasikan dalam kasus ini adalah dengan menggunakan aloe vera gel sebagai moisturizer tambahan di malam hari. Ini bisa kamu gunakan sebagai masker ketika akan tidur. Aloe vera sendiri sangat mudah menyerap di kulit dan memberikan sensasi dingin saat digunakan karena mengandung 99% air dan beragam vitamin. Ini akan membuat kulitmu makin rileks dan proses regenerasi makin optimal. Beberapa brand aloevera gel yang terkenal seperti Nature Republic, Wardah atau The Body Shop dan masih banyak lagi, bisa jadi pilhanmu!


Lip Mask Sebagai Penutup

(foto:Pinterest)

For your information, paparan sinar matahari itu nggak hanya merusak kulit aja, lho! Karena kolagen yang berkurang, bibir juga akan mudah kering dan akan muncul garis-garis halus. By the way, ada 2 jenis lip mask yang bisa kamu gunakan yaitu model scrub untuk exfoliating seperti Emina Sugar Rush Lip Scrub dan model creamy gel seperti Laneige Sleeping Mask. Keduanya bisa kamu gunakan secara rutin tergantung. Dengan menggunakan lip mask, bibirmu akan terlihat lebih sehat dan cerah. Caranya cukup oleskan lip mask di bibir dan diamkan 30-40 menit. Setelah itu hapus maskernya dengan tissue dan bilas dengan air.

Editor: Kevin Christian


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!