JOGJAKARTA - 'Lebaran' bagi para pecinta kultur kustom, KUSTOMFEST 2019, sudah dimulai. Ratusan motor dan mobil memadati area parkir Jogja Expo Center (JEC) semenjak Jumat malam untuk mengikuti proses scrutineering. Dari sekian banyak yang hadir, dipilih hingga menjadi 150 motor dan sekitar 30 mobil untuk dipamerkan di hall JEC untuk diapresiasi para penggemar kultur kustom. Sejak opening ceremony pun antusiasme hadirin sudah memuncak ketika ditampilkan cuplikan video yang menampilkan aksi dari sang motor lucky draw, Ontoseno. Terlihat Ontoseno dikendarai seorang rider sedang mengeliling sebuah trek tanah. Hal ini sekaligus memperkenalkan salah satu ajang baru dari KUSTOMFEST 2019 yaitu Flat Track Race Competition.

Aksi 'Ontoseno' di trek tanah yang akan menjadi lokasi Flat Track Race di KUSTOMFEST 2019. (Foto: Said/Kustomfest)

Memasuki edisi ke-8, KUSTOMFEST berhasil menjadi suatu wadah titik temu bagi para pecinta kultur kustom. Nggak hanya mobil dan motor, sepeda pun terlihat menjadi salah satu hal yang menarik perhatian hingga sanggup meramaikan hall JEC. Para penggemar sepeda pun kelihatannya nggak mau kalah dengan para builder motor ataupun mobil. Mulai dari konsep yang diusung dalam bentuk rangka, goresan cat yang ada, sepeda-sepeda kustom ini pastinya akan menarik perhatian matamu. Nggak tanggung-tanggung, bahkan ada beberapa sepeda yang berani menggunakan konsep kromatik pada hasil karyanya. 

Jejeran sepeda kustom yang ikut berpartisipasi di KUSTOMFEST 2019. (Foto: Jefri/Zetizen)

KUSTOMFEST 2019 ini memang diisi beragam kegiatan menarik. Salah satunya adanlah REBUILD dari Royal Enfield. Pabrikan motor dari negeri asal Ratu Elizabeth ini menunjung salah satu builder asal Indonesia, Krom Works, untuk melakukan modifikasi para motornya yang paling ambisius, Continental  GT 650 keluaran tahun 2019. Hasil karya ini diberi nama 'The 30'. Krom Works sendiri pada KUSTOMFEST 2018 lalu berhasil menyabet Best Pick lewat karyanya yang bermana 'The 29'. Sekilas 'The 30' merupakan karya terusan dari 'The 29' yang sama-sama mengusung cafe racer dengan desain penuh krom.

'The 30' pertama kali diperlihatkan ke publik pada KUSTOMFEST 2019. (Foto: Jefri/Zetizen)

Bagi kamu yang mungkin diajak untuk ikutan datang ke KUSTOMFEST 2019 walaupun nggak begitu paham seputar kultur kustom nggak perlu khawatir. KUSTOMFEST 2019 juga menampilkan beragam pengisi acara yang pastinya bakalan menghibur kamu. Pada hari pertama saja sudah ada nama-nama besar seperti Kill the DJ, Jogja Hip Hop Foundation, hingga Didi Kempot yang siap mengambyarkan malam minggu kamu. Area outdoor stage KUSTOMFEST 2019 pun mendadak penuh dipadati para pengunjung yang sebagian besar menantikan kehadiran dari The Godfather of Broken Heart. 

Musisi hip hop asal Jogja, Kill the DJ, menghibur para pengunjung KUSTOMFEST 2019. (Foto: Jefri/Zetizen)
Didi Kempot saat tampil di hadapan para sobat ambyar di KUSTOMFEST 2019. (Foto: Jefri/Zetizen)
Outdoor stage KUSTOMFEST 2019 penuh sesak oleh penonton yang ingin menikmati penampilan para guest star. (Foto: Jefri/Zetizen)

Di samping outdoor stage pun banyak beragam tenant yang bisa kamu kunjungi untuk melepas lelah. Mulai dari yang tradisional Jogja seperti gudeg, kedai-kedai kopi yang cocok bagi para anak indie, jajanan-jajanan kekinian seperti sate cumi, gurita bakar, hingga makanan dan minuman yang fancy juga ada disini. KUSTOMFEST juga masih berlangsung hingga hari ini yang tentunya nggak bakalan kalah meriah dibanding hari kemarin. Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Penulis: Fikri Indra Mualim

Share
Create Your Own Article!