JOGJAKARTA - Usai sudah gelaran 8th Indonesian Kustom Kulture Festival atau yang lebih dikenal dengan nama KUSTOMFEST 2019 ini. Jogja Expo Center (JEC) selalu ramai penuh oleh pengunjung dua hari berturut-turut. Seluruh elemen kultur kustom pun tersedia disini mulai. Beragam kompetisi pun disajikan untuk memacu para penggemar kultur kustom semakin semangat berkreasi. Dari sekian banyak kelas dan kategori yang ada akhirnya terpilihlah para pemenang yang karyanya berhasil mencuri perhatian baik juri, media, ataupun pengunjung.

Direktur KUSTOMFEST, Lulut Wahyudi, berfoto bersama para pemenang Pinstripe Carnival. (Foto: Jefri/Zetizen)

Dan kalau kamu berpikir dunia kustom hanya untuk kendaraan asli, maka kamu harus berpikir ulang karena di KUSTOMFEST 2019 apapun bisa terjadi. Salah satunya adalah kehadiran die cast yang bukan hanya untuk dipamerkan, melainkan juga untuk dikompetisikan. Mobil-mobil kecil ini diperlombakan pada dua kategori yaitu Under 1:64 dan Upper 1:43. Ada puluhan die cast yang memperebutkan enam posisi juara dari dua kategori tersebut.

Salah satu die cast yang mengikuti kompetisi di KUSTOMFEST 2019. (Foto: Fikri/Zetizen)

Nggak hanya modifikasi kendaraan, sisi lain dari kultur kustom pun juga banyak terlihat di KUSTOMFEST 2019. Mulai apparel-apparel yang menampilkan merchandise dengan desain terbaiknya, tenant dengan produk kulit yang menjadi ciri khas anak motor, hingga para penggiat kustom dimedia lain seperti helm hingga sepatu. Meskipun jumlahnya tentu nggak sebanyak kendaraan kustom yang ada di hall JEC, banyak sekali para penggiat kustom ini yang hadir. Pengunjung pun ramai mengunjungi booth-booth mereka.

Salah satu booth meneydiakan jasa kustom helm dan juga tangki motor. (Foto: Jefri/Zetizen)

Pastinya nggak lengkap kalau kamu datang ke KUSTOMFEST 2019 tapi nggak menyaksikan yang satu in. Ya, showtime! Pada showtime, kendaraan-kendaraan yang sudah diseleksi sebelumnya akan tampil di atas panggung bersama sang builder untuk memamerkan karya mereka di hadapan para juri termasuk para guest honor yang berisikan para tokoht-tokoh kustom internasional mulai dari Jepang, Australia, Thailand, hingga Spanyol. Tapi tentu aja nggak kelupaan ada Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), Triawan Munaf, juga hadi pada sesi kali ini. Tentunya ini menjadi kesempatan besar bagi para builder agar karya mereka bisa dilirik para juri ini.

Pada sesi showtime kali ini, para peserta juga berpeluang memperebutkan Best Pick dari para guest honor. Bahkan salah satu guest honor memberikan kesempatan bagi para peserta yang berhasil menjadi pilihannya untuk mengikuti kompetisi internasional di Thailand. Wow, keren kan! Makanya para peserta sangat antusian mengikuti sesi ini. Para pengunjung pun turut meramaikan area sekitar indoor stage KUSTOMFEST 2019.

Salah seorang peserta saat menuju keatas panggung untuk melakukan showtime. (Foto: Jefri/Zetizen)

Tentunya nggak lengkap KUSTOMFEST 2019 tanpa kehadiran pengisi acara yang oke juga. Sebelum undian lucky draw dilakukan, di outdoor stage sudah diramaikan oleh pengunjung untuk menyaksikan penampilan dari band-band keren utamanya Suicidal Sinatra dan juga Seringai. Khususnya ketika Seringai tampil di outdoor stage KUSTOMFEST 2019, kemeriahan sangat terasa. Seringai sendiri sangat erat kaitannya dengan Lawless, salah satu builder ternama Indonesia. Nggak heran kalau penampilan Seringai sebagai penampil penutup pada KUSTOMFEST 2019 ini benar-benar meriah.

Seringai saat tampil di KUSTOMFEST 2019. (Foto: Jefri/Zetizen)
Para penonton yang menyaksikan penampilan Seringai malam tadi. (Foto:Jefri/Zetizen)

Akhirnya saat yang dinanti pun tiba. Undian lucky draw KUSTOMFEST 2019 yang menghadiahkan 'Ontoseno' kepada pengunjung yang telah hadir dan membeli tiket KUSTOMFEST 2019 baik di hari pertama maupun kedua. 'Ontoseno' pun akhirnya berhasil didapatkan oleh seorang pengunjung asal Madiun, Jawa Timur, Putut Nugroho, yang juga pelaku kustom. Putut sendiri mengaku kaget dan belum tahu mau diapakan motor yang ia dapatkan tersebut. "Masih belum tahu. Karena nggak nyangka kalau bakalan dapat lucky draw. Tapi ya senang banget sih," ujar Putut.

Putut Nugroho tampak bahagia berhasil membawa pulang 'Ontoseno'. (Foto: Jefri/Zetizen)

Well, KUSTOMFEST 2019 boleh berakhir, tapi yang jelassemangat kustom di Indonesia nggak akan pernah memudar. Sampai ketemu di KUSTOMFEST 2020!

 

 Penulis: Fikri Indra Mualim

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!