zetizen.com- Event sekolah tidak hanya identik dengan pentas seni musik biasa. Memadukan unsur wirausaha dan entrepreneur pun menjadi acara akhir pekan yang kreatif dan menghibur. Hal itu diwujudkan SMA Katolik St Louis 1 Surabaya pada Jumat kemarin (4/10) yang menghelat Pentas Seni dan Bazaar 2019.Kegiatan pentas seni dan bazar SMA Katolik St.Louis 1 Surabaya itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Raya Santo Vinsensius Pelindung Yayasan Lazaris. Event tersebut bersifat terbuka bagi seluruh elemen dari berbagai sektor wirausaha yang nggak hanya diikuti para pelajar dari setiap kelas. Event yang berhasil dikemas dengan apik dan berjalan lancar itu, tentu terdapat kerja keras dari para panitia yang diurus secara mandiri oleh siswa-siswa SMA Katolik St Louis 1 Surabaya.

”Tema bazar tahun ini adalah The Collaborative Spirit at Entrepreneurship in St Louis 1. Berangkat dari tema ini, kami ingin kegiatan pentas seni dan bazar merupakan bagian dari proses pendidikan yang dilakukan di luar kelas dan mengandung muatan nilai kehidupan yang diperlukan di abad ini seperti semangat kolaboratif, ketangguhan, kerja sama, dan sikap saling menghargai. Semua ini dapat menumbuhkan jiwa entrepreneur yang humanis sehingga kelak jika anak-anak ini sudah berhasil menjadi orang sukses, mereka tetap memiliki jiwa yang penuh kasih,” ujar F. Asisi Subono selaku ketua panitia.

Suasana Bazzar dan Pentas Seni SMA Katolik St.Louis 1 Surabaya (pict : SATRIO/ZETIZEN TEAM)

 

Serangkaian kegiatan pun disajikan selama event berlangsung. Mulai pameran pendidikan sampai St Louis HOT (ExHibitiom Competition Talent). Dibanding kegiatan pentas seni dan bazar sebelumnya, event tahun ini menghadirkan lebih banyak vendor dan stan yang terlibat dalam bazaar. Disemarakkan pula dengan lomba vocal group antar-SMP se-Surabaya, penampilan kesenian reog Ponorogo hasil studi sosial budaya kelas XI IPS, dan pertunjukan kesenian anak jalanan dipadu dengan tim Paduan Suara St Louis yang bernyanyi dengan kompak dan merdu.

Penampilan tim paduan suara SMA Katolik St.Louis 1 Surabaya pada pembukaan Bazzar dan Pentas Seni 2019 (FOTO: SATRIO/ZETIZEN TEAM)

Antusiasme siswa sangat tinggi. Sebab, kegiatan tersebut menjadi ajang tempat kreasi dan ajang mengasah kemampuan wirausaha. Salah satunya, kreasi stan bazar yang interaktif. ”Untuk persiapan stan kelas ini memakan waktu sekitar satu bulan. Kami bikin semacam stand games di mana pengunjung yang datang bakalan ikut andil dalam mini games yang dikemas dengan seru dan menarik,” ujar Kathleen Rosalind, salah seorang siswi St Louis 1.  Nggak Cuma antusiasme siswa-siswinya, peranan orang tua dan alumni yang aktif membantu dan mendukung kegiatan tersebut secara penuh juga terlihat dalam kelompok atau grup orang tua yang selalu membantu dan mendukung selama acara berlangsung. Hebatnya, event itu berhasil menarik 12.000 pengunjung. Keren!

”Harapan kami kegiatan pentas seni dan bazar ini dapat menjadi wadah dalam mengembangkan semua potensi siswa dan menjadi ajang pertemuan para alumni serta masyarakat dunia usaha dan sekitarnya. Sehingga kelak siswa St Louis 1 jika lulus dapat menjadi manusia yang unggul dalam moral dan iman dan menjadi sarana pembelajaran siswa dalam mengembangkan dirinya menuju kesempurnaa-Nya untuk memberi berkat bagi sesama di mana pun siswa St Louis dan alumninya berada.” tutur Asisi. Well, sukses terus ya untuk St Louis 1!

 

Reporter: Nadya Christian L

Editor: Melisa Nirmaladewi

Fotografer: Satrio Maheswara

Share
Create Your Own Article!