Zetizen.com - Weekend is time to be creative. Salah satu caranya, gabung di Lit Secret Society Vol 4 ini. Diadakan Literaturia, acara itu juga berkolaborasi dengan Institut Français d'Indonésie. Memasuki volume keempat, event pada Sabtu (5/10) tersebut juga menjadi bagian dari road to Literaturia Festival 2019 pada November mendatang. Nggak heran kalau ada puluhan pencinta sastra di perpustakaan Institut Français d'Indonésie.

 

Literaturia ini adalah pergerakan anak muda yang berfokus pada hal-hal mengenai literasi, yang tujuannya meningkatkan kesukaan literasi dan mengumpulkan anak-anak mudah yang punya minat di bidang literasi. Literaturia ini bagian dari Surabaya Youth yang merupakan komunitas non-profit anak muda yang menampung aspirasi dan ide keinginan anak muda di Surabaya. Di Surabaya Youth ini punya banyak program salah satunya literaturia. 

Soalnya, acara itu mengangkat tema yang cukup berbeda dengan biasanya. Apalagi, Oktober ini adalah bulan bahasa. Di sini para peserta membuat karya sastra dari Prancis, yaitu kaligram. FYI, kaligram adalah puisi yang dibuat menjadi gambar sesuai dengan kata-kata di dalamnya. Mereka nggak cuma diajak bikin kaligram loh, tapi juga belajar beberapa kata dalam bahasa Prancis untuk digunakan sebagai puisi.

Suasana pembuatan kaligram yang dilakukan di perpustakaan IFI Surabaya (pict : Satrio/Zetizen Team)

Literaturia dengan cerdasnya mengonsep acara biar nggak membosankan. Diawali dengan nonton sejarah kaligram lewat video, peserta lantas diajak menyelami karya puisi dalam berbagai bentuk. Berikutnya, peserta dibebaskan membentuk puisi sesuai dengan imajinasi. Biar materinya lebih aplikatif, tim Literaturia menyiapkan kertas dan cat khusus. Next, peserta bebas membuat puisi.

’’Aku suka nulis puisi meski nggak pernah aku publikasikan. Terus, waktu tahu tentang Lit Secret Society Vol 4 ini, aku tertarik. Tadi aku dapat 10 kata dalam bahasa Prancis dan kita harus masukin setidaknya enam kata. Jadi, aku masukin kata café, rendez-vous, pique-nique, crème de la crème, avant-garde, dan parfum. Dari situ aku ambil tema tentang aroma kopi. Buat gambarnya, aku membentuk puisiku menjadi cangkir kopi,’’ ujar Fatin Azmira, salah seorang peserta. So exciting!

Foto bersama peserta Lit Secret Society dengan hasil karya mereka (pict : Instagram @literaturia)

 

Share
Create Your Own Article!