Pasti diantara kalian ada yang memiliki rambut yang rentan. Bisa karena cuaca, perawatan yang salah atau karena penggunaan produk yang tidak tepat.  Walaupun seperti itu, hal ini nggak bisa dianggap sepele karena bikin rambut rusak dan bikin penampilanmu jadi nggak maksimal. Yuk, cek tips dari Zetizen!

Menggunakan Sampo yang Tepat

Pilihan sampo yang bisa kalian pakai (foto:productnation.co)

Buat kalian yang banyak beraktivitas di luar ruangan tentunya akan membuat rambut kamu cepat kotor, gatal dan berminyak. Formula yang ada di dalam shampoo bisa menghilangkan kotoran, debu dan keringat yang ada di kulit kepala. Tentunya kamu butuh cara untuk bikin rambut kamu kembali bersih, segar dan mengembang.

Jangan lupa selalu pilih jenis sampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu, ya.

Untuk rambut kering kalian bisa menggunakan shampoo dengan kandungan sulfate-free. Sulfate-free shampoo diproduksi agar enggak mengeringkan rambut dan rambut tetap lembut serta halus.

Selain itu cara merawat rambut kering adalah dengan memperhatikan bahan yang ada pada produk rambut yang digunakan. Kamu perlu menggunakan produk yang mengandung bahan seperti pisang, shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa, yang memiliki kemampuan untuk melindungi kelembapan pada rambut serta menutrisi rambut.


Jangan Cuci Rambut Terlalu Sering

Sesibuk-sibuknya kalian, jangan lupa untuk cuci rambut ya sesuai dengan anjuran yang tepat (foto:www.pinterest.com)

Cara untuk mengatasi rambut kering selanjutnya adalah nggak mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering dapat bisa membuat hilangnya minyak alami pada kulit dan rambut kalian. Hal kayak gini justru bisa membuat rambut tambah kering dan semakin rapuh. Supaya rambut nggak kering, kamu bisa mencuci rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut kamu.


Pakai Masker Rambut

Masker yang tepat buat rambut kalian juga akan berpengaruh baik dengan penampilan rambut kalian. (foto:www.seruni.id)

Memakai masker rambut juga bisa dijadikan salah satu cara merawat rambut kering. Dengan cara penggunaan masker ini bertujuan buat melembutkan rambut kasar dan menambahkan kelembapan.

Untuk menggunakan masker rambut setidaknya bisa kalian lakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Kalau nggak mau ribet, kalian bisa pakai masker rambut yang ada dijual di pasaran. Sesuaikan cara perawatan rambut kering dengan masalah rambut kalian.


Memotong Ujung Rambut Secara Rutin

Apa manfaat memotong ujung rambut? Salah satunya agar rambut kamu tidak kering (foto:www.fimela.com)

Cara yang terakhir adalah memotong ujung rambut secara rutin untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih sehat. Karena salah satu ciri dari rambut kering adalah ujung rambut yang kering atau bercabang. Sebagai cara agar rambut tidak kering, disarankan untuk melakukan pemotongan ujung rambut tiap dua hingga tiga bulan sekali. Kamu tidak perlu memotong terlalu panjang, cukup dengan memotong ujung rambut sekitar 0,6 – 1 cm, untuk menjaga kesehatan rambut

(ncl/fik)


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!