Pasti ada diantara kalian yang pernah diundang acara jamuan makan yang bersifat resmi. Agenda sepenting ini tentunya nggak bisa dipersiapkan dengan buru-buru. From head to toe harus betul-betul diperhatikan. Jangan sampai ada hal-hal yang kelewatan yang bisa bikin fancy dinner kalian memberi kesan kurang baik.

Nah, ada baiknya kalian tahu apa aja sih etika dan sikap yang sebaiknya dimiliki waktu datang ke jamuan tersebut. Biasanya orang-orang menyebut ini sebagai table manner.

Sangking pentingnya, table manner bahkan menjadi salah satu materi yang dipelajari pada sekolah kepribadian. Dalam table manner, kalian akan belajar bagaimana seharusnya apa tingkah laku kita saat di meja makan waktu bareng keluarga atau kolega. Tapi tenang, kini kalian nggak perlu gugup lagi karena Zetizen bakalan ngasih tip untuk kalian!

Jangan ngomong kalo lagi ngunyah

Hayo siapa yang biasa makan sambil ngomong nih? (foto:www.unsplash.com)

Kamu memang nggak boleh banyak bicara kalo lagi di jamuan makan, tetapi bukan berarti kamu bakal puasa bicara selama acara berlangsung, ya. Kamu tetap bisa memulai obrolan sambil memotong makananmu kecil-kecil agar gampang untuk ditelan. Hal ini agar kunyahanmu bisa cepat selesai dan nggak perlu waktu lama untuk ngobrol lagi.


Jangan mainan handphone

Update secukupnya (foto:www.unsplash.com)

Ketika lagi jamuan makan, sangat disarankan buat menyimpan barang bawaan kamu seperti tas, dompet, atau barang bawaan lainnyam termasuk handphone. Kamu bisa taruh semua bawaan kamu dibelakang kursi. Meski momen ini pastinya perlu untuk kamu abadikan, tetapi usahakan buat nggak main handphone pas jamuan makan karena hal itu nggak sopan. Kalian bisa memulai obrolan dengan teman semeja bukan malah sibuk dengan sosial media.


Jika ada makanan yang tersangkut di sela-sela gigi

Ambil secukupnya saja. (foto:www.unsplash.com)

Meskipun ini hal yang dianggap kecil tapi kadang kita nggak sadar melakukannya. Kalau dirasa ada makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, jangan langsung mengcungkilnya pakai jari, ya. Kamu bisa izin ke kamar mandi sebentar untuk membersihkannya.


Atur posisi dulu

Jangan sampai salah tempat ya (foto:www.unsplash.com)

Biasanya setiap jamuan makan akan ada pengaturan tempat duduk. Dari pihak penyelenggara akan memberikan nama di tempat yang sudah disediakan. Nah, setelah menemukan tempat dudukmu. Kamu harus duduk dengan posisi yang benar, ya. Dengan posisi tegak dan jangan bungkuk atau bersandar malas. Jangan sampai kedua sikumu mengembang terlalu lebar waktu memegang peralatan makan biar nggak mengganggu orang disebelahmu.


Etika Batuk, Bersin dan Sendawa

Manfaatkan tisu dan kain lap yang tersedia. (foto:www.unsplash.com)

Lagi enak-enak makan tiba-tiba batuk atau bersin emang nggak bisa ditahan. Agar lebih sopan, tutup mulut dengan tangan kamu saat batuk atau bersin. Bisa juga kalian manfaatkan lap tangan atau tisu yang sudah disediakan sebelum kembali makan. Selain itu, kalian bisa arahkan kepala ke punggung belakang atau bahu samping agar tidak mengganggu orang yang duduk di sebelah.


Biasakan Minta Tolong

Mau coba yang mana lagi ya (foto:www.unsplash.com)

Kalau posisi duduk kamu cukup jauh dari makanan yang kamu inginkan, kamu bisa meminta tolong kepada orang yang lebih dekat dari makanan tersebut untuk diambilkan. Selain itu, selalu gunakan tangan kanan ketika mengambil makanan, minuman atau untuk meletakkannya kembali.

(fik)


Share
Create Your Own Article!