Woo-hoo! Hello  Campus udah memasuki hari ketiga loh. Siapa yang belum mampir ke Convention Hall Tunjungan Plaza 3 lantai 6? Masih banyak agenda yang bisa diulas dan booth Youngpreneur dari berbagai kategori kreatif yang dapat dikunjungi.

Selain Main Makan dan Communality, masih ada Earth Troopers. Kategori itu diperuntukkan para pencinta bumi yang penuh inovasi. Sekreatif apa sih?

Proses Sulit, Produk Banyak Dicari

Ini adalah pot dari handuk bekas dan semen karya temen-temen dari SMA Giki 2 Surabaya (foto:Jefri/Zetizen Team)

Kategori Earth Troopers dipilih SMA Giki 2 Surabaya aka Smagda of Youngentrepreneur (SOYO) sebagai ajang pamer karya. Nggak heran kalau banyak karya yang bisa kamu temui di booth mereka. Sebut aja vas bunga dari handuk hingga furnitur dari tong.

’’Satu produk diselesaikan dalam waktu satu sampai dua minggu. Vas bunga dan tong cat bekas ini udah sangat populer karena setiap siswa diwajibkan membuat produk tersebut,’’ ujar Nabilah Putri, ketua tim SOYO.

Selama empat hari acara, Nabilah dan timnya menargetkan 4–5 produk mereka bisa terjual. ’’Target itu sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan produk. Misalnya, menunggu handuk biar segera kering,’’ ucapnya. Meski begitu, Nabilah dan tim tetap yakin produk mereka memiliki keunikan jika dibandingkan dengan sekolah lain. Misalnya, desain yang berbeda dan lebih inovatif.


Bawakan Damar Kurung Kekinian

Damar Kurung dari SMA Al-Azhar Menganti Gresik yang berhasil dipamerkan di Hello Campus 2019 (foto:Jefri/Zetizen Team)

SMA Al-Azhar Menganti nggak mau kalah bersaing dalam kategori Earth Troopers. Misalnya, yang dibuktikan lewat karya damar kurung daur ulang yang mereka bawakan. Ada juga tas dan poket dari jins bekas yang dipadukan dengan teknik sulaman. Selain itu, mereka memamerkan poner (pot dari banner).

Tertarik? Fortunately, kamu bakal dapat gantungan kunci dari ranting setiap membeli produk mereka. ’’Kami yakin bisa menang di kategori Earth Troopers karena produk kami berasal dari limbah yang cukup banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Dalam pembuatannya, nggak ada kesulitan besar. Hanya, saat membuat tas, kami butuh bantuan penjahit. Dalam acara ini, ada beberapa tas dari jins bekas yang udah terjual,’’ ungkap Silvia Nafidah, penanggung jawab tim hijau. Good job!


Sukses Adakan Lomba Mewarnai dan Galang Dana

Dari pengolahan limbah gelas plastik akhirnya menjadi Krayon Drato yang unik dari SMAN 1 Waru Sidoarjo (foto:Jefri/Zetizen Team)

Kebayang nggak sih ada krayon yang terbuat dari limbah plastik? Say hi to Drato! Produk krayon itu dibuat dari lelehan gelas plastik serta beeswax, paraffin wax, kapur, dan pigmen warna.

Ada dua kemasan produk. Kemasan primer menggunakan roller yang dapat diisi ulang. Kemasan sekunder terbuat dari kertas dupleks yang udah diberi label. Pembuatan satu produk memakan waktu sekitar sejam. Krayon tersebut merupakan bentuk keprihatinan mereka atas tumpukan sampah plastik dan rendahnya pengetahuan masyarakat tentang cara pengolahannya. ’’Akhirnya, kami menemukan sebuah peluang usaha atau bisnis. Yaitu, Drato, krayon yang terbuat dari limbah gelas plastik berkode 5PP. Pembelian satu produk turut mengurangi 408 limbah gelas plastik,’’ jelas Rafly Rizqullah, salah seorang anggota tim.



’’Sumpah’’ Jaga Lingkungan

Proses penyajian Susu Rempah di booth SMA Muhammadiyah 3 Surabaya (foto:Jefri/Zetizen Team)

Eits, bukan sumpah yang menakutkan kok. Melainkan, susu rempah (Sumpah) buatan SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Dibuat dari secang, jahe, pandan, kapulaga, cengkih, dan kayu manis, Sumpah dikemas dalam botol daur ulang. Serunya lagi, perebusan dan pengolahannya hanya butuh waktu 30 menit. Singkat ya!

Mereka mulai mempromosikan Sumpah di media sosial seperti Instagram @Sumpahuenak untuk menarik minat teman-teman. ’’Susu rempah itu sehat. Tapi, kami juga pengin ada inovasi. Nah, kami tambahkan topping boba. Jadi, tetap sehat dan ngehit. Awalnya, kami ragu rasanya cocok di lidah masyarakat atau nggak. Untungnya, banyak banget yang nyobain dan ternyata suka,’’ kata Lituhayu Sukma Garini, salah seorang anggota yang bertugas di booth SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Selain itu botol yang di pakai juga bisa dipakai lagi loh, fungsinya untuk mengurangi sampah plastik juga.


Share
Create Your Own Article!