zetizen.com- Makin banyak ruang yang bisa dimanfaatkan anak muda zaman sekarang. Berbagai kompetisi bisa diikuti dan punya daya tarik sendiri. Salah satunya, UBS YouthCon 2019 yang kembali hadir menyapa pelajar SMP dan SMA se-Jawa Timur. UBS YouthCon 2019 berlangsung selama 1–10 November di SSCC Pakuwon Mall, Surabaya.

Tahun ini UBS YouthCon mengusung tema besar Aku Punya Ide. Kompetisi yang diadakan adalah UBS Dig Idea, Jewelry Display, Art Space, Comic Strip, Short Movie Competition, Creative Content, Dance Cover, School Campaign, serta Alpha Boys and Girls.

Salah satu karya yang menarik perhatian, Minjel dari SMAN 11 Surabaya. (foto : Paramadwya/Zetizen Team)

Azrul Ananda, founder DBL Indonesia, menjelaskan bahwa tema Aku Punya Ide ini diambil karena potensi anak muda masa kini nggak terbendung lagi. ’’Harapannya, generasi penerus bangsa ini bisa menciptakan hal baru yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar,’’ tuturnya.

Dari berbagai kompetisi yang diadakan, UBS Dig Idea berhasil mencuri perhatian. Setiap tim UBS Dig Idea ini terdiri atas 10–15 partisipan. Mereka ditantang membuat start-up dengan output digital berupa aplikasi dan booth untuk dipamerkan di venue. Ide mereka juga harus sesuai dengan 17 tujuan konsep sustainable development goals (SDGs). 

Penampilan pantomim dari SMPN 16 Gresik. (foto : Paramdwya/Zetizen Team)

Selain itu, anak-anak muda bisa mengembangkan passion mereka di bidang film lewat Honda Mini Theater. Peserta ditantang memproduksi indie short film. Dari 52 film yang masuk list pendaftaran, panitia berhasil mengambil 30 besar finalis terbaik yang karyanya akan ditampilkan.

Nggak ketinggalan, ada juga kreasi Art Space yang selalu berhasil mencuri perhatian pengunjung. ’’Tema Art Space yang aku buat bersama timku ini berisi tentang kekhawatiran sampah yang makin menumpuk, bahkan tertimbun hingga di luar angkasa gitu. Untuk persiapannya, kami mengumpulkan sampah plastik sebagai properti utama. Semoga, lewat tema yang kami ambil ini, kami bisa membawa pulang gelar juara,’’ ujar Fairuz Akhilramadhan, salah seorang peserta dari SMKN 3 Surabaya.

Ada 30 indie short film yang bakal diputar di Honda Mini Theater lho. Apakah salah satu karyanya dari sekolahmu? (foto: Paramadwya/Zetizen Team)

Istimewanya, di UBS YouthCon 2019, ada hadiah spesial ke Singapura untuk 17 pelajar dan tiga guru yang masuk kategori Best School. Dari gadiah yang didukung Singapore Tourism Board tersebut, diharapkan pelajar dan guru berprestasi dan aktif bisa melihat dan merasakan sisi lain Singapura dengan beragam pilihan dan keunggulan pendidikan luar kelas secara menyeluruh.

Wih, kira-kira siapa yang menang ya? Pantau terus deh keseruan UBS YouthCon hingga malam puncak final Active Series Alpha Girls dan AZA Alpha Boys yang juga dimeriahkan Jaz Hayat.

 

Reporter Nadya Christian L.

Editor: Melisa Nirmaladewi

Foto: Paramadwya/ZetizenTeam

Share
Create Your Own Article!