zetizen.com - Setelah kasus Awkarin yang diduga 'mencuri' konten seorang ilustrator bernama Nadya, kali ini muncul lagi nih, sebuah kabar bahwa channel YouTube Calon Sarjana ketahuan melakukan plagiarsm konten milik channel YouTube luar negeri. Hebohnya, kasus ini bahkan membuat beberapa artis seperti Ernest Prakasa dan selebtwit @mazzini_giusepe angkat bicara dan mengatakan bahwa apa yang dilakukan Calon Sarjana itu “Bikin malu satu negara”. Well, seperti apa sih sebenarnya Calon Sarjana itu?

Baru 3 Tahun, Subscribers Sudah Jutaan

(foto:YouTube: Calon Sarjana)

Channel YouTube yang menyajikan konten tentang informasi, humor dan sebuah fakta-fakta ini mulai mengudara pada tahun 2016 lalu. Dengan usia yang baru 3 tahun, Calon Sarjana termasuk sebuah channel yang cukup cepat meraih jumlah subscriber di tahun ketiganya ini. Bayangin aja, sekarang jumlah subscribernya telah mencapai 12,4 juta dengan total 1,200 video yang berhasil diunggah. Nggak main-main, videonya pun selalu ngongol di kolom trending. Ini membuktikan bahwa apa yang di sajikan Calon Sarjana selalu menarik bagi warga YouTube. Menurut Socialblade, dengan jumlah subscriber segitu, ternyata dalam sebulan Calon Sarjana bisa mendapatkan adsense sampai 2 miliar, loh! Banyak banget, kan?


Masuk Nominasi Kreator Konten Digital Terfavorit

(foto:instagram.com/@panasonicgobelaward)

Dengan jumlah subscriber dan viewers yang selalu mencapai angka jutaan, Calon Sarjana masuk jajaran channel YouTube terpopuler di Indonesia. Artinya, Calon Sarjana punya tingkat yang sama kalau dibandingkan dengan channel milik Atta Halilintar atau Ria Ricis. Terbukti dalam penghargaan Panasonic Gobel Award 2019, Calon Sarjana masuk dalam nominasi "Kreator Konten Digital Terfavorit" melawan Atta, Ria Ricis, Gen Halilintar dan RANS Entertaiment. Namun hal ini malah menimbulkan pro kontra buat beberapa orang. Apalagi kabar mengenai Calon Sarjana yang kerap 'mencuri' konten, sudah terdengar sejak lama. So, masih pantas nggak ya masuk di nominasi itu?


Plagiasi Konten Milik JT

(foto:twitter.com/@JTonYouTube)

Calon Sarjana menjadi topik hangat di beberapa sosial media karena pernyataan sebuah channel bernama JT yang mengatakan bahwa Calon Sarjana mencuri konten-konten milik JT. Nggak tanggung-tanggung, Calon Sarjana bahkan mengambil ratusan konten milik JT tanpa mengubah apapun, termasuk thumbnail dan hanya menambahkan dubbing terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia. JT menyayangkan kelakuan Calon Sarjana yang dengan sengaja mengambil dan mengganti kredit konten tersebut dan di publish-nya ulang. JT sendiri adalah sebuah channel dengan kategori game yang punya subscribers sebesar 456 ribu dan punya konten sebanyak 589 video. Dari jumlahnya saja, sudah kelihatan kalau channel JT masih jauh di bawah Calon Sarjana. Beberapa pihak pun menyayangkan apa yang telah dilakukan Calon Sarjana.


Ternyata Merupakan Anak dari Infia

(foto:twitter.com/@adjiecation)

Sebelumnya, banyak banget netizen yang bertanya-tanya tentang siapa dalang yang sebenarnya berada dibalik channel Calon Sarjana. Dengan adanya kasus ini, ternyata ada fakta baru yang muncul bahwa Calon Sarjana merupakan 'anak' dari Infia, sebuah perusahaan besar yang fokus pada konten kreatif dan hiburan. Sayangnya, beberapa waktu lalu, Dagelan, salah satu kanal milik Infia juga, sempat punya kasus yang sama soal plagiasi. Kesalahan yang sama ini akhirnya membuat netizen berspekulasi bahwa Infia nggak belajar dari kesalahan dan memang berniat untuk melakukan plagiasi demi meraup keuntungan.


Akhirnya Minta Maaf, Kontennya Bakal Dihapus Nggak, Ya?

(foto:twitter.com/@JTonYouTube)

Setelah membuat pernyataan di twitter milik JT dan membeberkan bukti bahwa Calon Sarjana memang memplagiasi konten milik mereka, Calon Sarjana meminta maaf kepada JT dan berjanji nggak akan mengulanginya lagi. Bahkan Calon Sarjana juga akan menghapus video yang terindikasi memplagiat konten milik JT. Well, dengan segenap hati JT pun memaafkan Calon Sarjana dan memutuskan untuk tidak memperpanjang kasus ini.

Editor: Kevin Christian


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!