Zetizen.com - Memperingati Hari Kesehatan Nasional pada 12 November yang lalu, sadar nggak sih kalau menjaga kesehatan fisik itu penting banget? Selain mendorong kita lebih produktif, sudah seharusnya kita nggak lupa untuk menjaga tubuh biar sehat sampai tua. Sayangnya, lifestyle, pola makan dan kebiasaan jajan sembarangan yang bikin kita semakin mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit dibawah ini kabarnya mudah banget untuk menyerang anak muda, loh! Yuk mulai hindari!

Gangguan Pernapasan

(foto:pinterest)

Merokok jadi kebiasaan yang udah terbukti menimbulkan beragam penyakit. Salah satu penyakit yang menjangkit anak muda adalah gangguan pernafasan. Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, jumlah perokok pada remaja ditahun 2018 mengalami peningkatan sebesar 9.1%. Terbukti, kita pasti bakal dengan mudahnya menemukan perokok aktif saat lagi nongkrong.

Paparan dari perokok aktif juga mempengaruhi lingkungan sekitar. Jadi buat kamu yang nggak aktif merokok tapi berada di lingkungan yang sama dengan mereka, kamu harus waspada dengan penyakit gangguan pernafasan ini. Paparan asap rokok bisa memicu adanya peradangan sampai menyebabkan kerusakan organ pernafasan. Akibatnya kita jadi susah untuk menghirup dan menghembuskan nafas secara normal.


Kolesterol

(foto:Pinterest)

Siapa sih yang nggak setuju kalau junk food itu salah satu makanan yang sulit buat ditolak? Apalagi banyak gerai junk food yang emang asik buat jadi tempat tongkrongan. Mau nggak mau kita pasti bakal mengkonsumsi makanan yang disediakan. Did you know, kalau makan junk food berlebihan bisa menimbulkan kadar kolesterolmu tinggi?

Yap, kolesterol adalah jenis lemak yang mirip dengan lilin dan berdiam di dalam darah kita. Jumlah kolesterol berlebih tentunya bakal menimbulkan banyak penyakit yang menjangkit anak muda seperti serangan jantung. Karena endapan kolesterol membuat pembulu darah menyempit dan aliran darah akan terhambat. Di dalam junk food mengadung natrium (garam), lemak dan lemak trans yang memicu kolesterol semakin tinggi. Jadi, pastikan kamu menikmati junk food dengan porsi wajar dan nggak setiap hari, ya!


Diabetes

(foto:Pinterest)

Nongkrong di kedai kopi kekinian udah jadi gaya hidup dan budaya anak muda masa kini. Emang sih, kopi itu punya segudang manfaat, asal kandungan gula dan krimer yang terkontrol. Sebaliknya, kopi sachet dan beberapa dijual di pasaran justru mengandung gula berlebih yang memicu timbulnya penyakit diabetes.

Apalagi banyak anak muda yang mulai malas buat olahraga. Padahal untuk menekan kadar gula dibutuhkan banyak gerak dengan olahraga yang rutin sehingga memicu produksi insulin yang mengontrol tinffinya gula darah kita. Nggak perlu olahraga berat, cukup perbanyak jalan kaki, jogging kecil dan bersepeda seenggaknya 30 menit sehari aja udah cukup kok. So, tindakan kecil ini bisa menekan probabilitasmu terserang penyakit yang menjangkit anak muda.


Hipertensi

(foto:Pinterest)

Tugas yang numpuk jadi salah satu alasan anak muda sekarang sering begadang dan berkurang waktu tidurnya. Bahkan beberapa orang merasa akan lebih produktif ketika di malam hari. Tapi begadang juga jadi salah satu kegiatan yang punya beragam dampak negatif. Salah satunya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Menahan kantuk sambil dikejar deadline ternyata dapat menimbulkan stress. Akibatnya, organ seperti otak dan jantung bakal bekerja lebih keras. Kalau ini terjadi selama terus menerus, akan memicu munculnya hormon kortisol yang bisa membahayakan. Tidur kurang dari 5 jam akan membuat resiko hipertensi semakin besar. Menurut salah satu jurnal Kementerian Kesehatan, waktu tidur ideal untuk usia 18-40 tahun adalah sekitar 7-8 jam perhari. Jadi kamu harus mulai belajar mengatur pola hidup dan menepatkan jam tidur dengan semestinya biar nggak kena penyakit yang menjangkit anak muda ya!


Hepatitis A

(foto:Pinterest)

Buat anak kos, nyari makan yang penting murah dengan porsi sesuai, it's a must! Nggak jarang makanan di pinggiran emang jadi pilihan. Tapi kamu tetep harus memperhatikan tingkat kehigienisannya. Karena makanan yang terpapar virus bakal menyebabkan diare bahkan menimbulkan penyakit Hepatitis tipe A.

Penyakit ini adalah peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A melalui makanan dan minuman. Jadi jangan sampai keinginan makan murah justru menimbulkan penyakit yang menjangkit anak muda ini! Soalnya, kebiasaan ini akan membuatmu mengeluarkan biaya yang lebih besar. Walaupun jajan pinggir jalan, tetap harus selektif ya!


Migrain dan Sakit Kepala

(foto:Pinterest)

Keseringan main game online atau stalk mantan lewat ponsel ternyata bisa menimbulkan nyeri dibagian kepala loh. Paparan cahaya biru di ponsel, tv atau laptop dalam waktu yang lama bisa menggangu sinyal otak dan akhirnya kita jadi stress. Stress yang terus menerus ini lah yang  menyebabkan kita migrain.

Selain cahaya biru, posisi kepala dan leher yang terus menunduk sehingga mata akan terus menatap kebawah akan bakal membuat otot di leher menegang. Karena otot leher dan kepala saling terhubung, maka ketika tegang, kepala bakal terasa seperti tertarik dan lama-lama bakal menimbulkan migrain. Jadi usahakan kamu melakukan peregangan ringan saat seharian berkutat dengan layar ya.


Kantong Kering

(foto:Pinterest)

Nah ini penyakit yang paling banyak menyerang anak muda. Kebanyakan nongkrong dan jajanin pacar ngebuat kantong jadi cepet kosong. Jadi pastiin kamu selalu tau kebutuhan mana yang diperlukan. Sekali-kali refreshing nggak masalah, asal jangan keterusan. Jangan lupa buat perhatiin pola makan dan sempatkan olahraga. Jangan sampai apa yang kamu lakuin di masa muda bakal merugikan tubuh dan hidupmu di masa tua.

*

Yuk ketahui masalah kesehatan lain disini!


Share
Create Your Own Article!