zetizen.com - Viralnya Forest buatan Seekrtech di media sosial membuat kita sadar kalau banyak orang punya ketertarikan lebih dengan tes kepribadian. Forest sendiri termasuk salah satu tes kepribadian gratis yang unik karena kita seakan-akan dibuat mengikuti alur dengan visual dan musik yang menarik. Kepribadian yang akan diibaratkan sebagai sebuah bunga akan mengungkap, bagaimana sih karakter aslimu. Did you know, kalau tes semacam ini punya segudang manfaat? Yuk, intip pentingnya tes kepribadian!

Mengenali Informasi Diri yang Sebelumnya Nggak Diketahui

(foto:Seekrtech)

Seru banget kan saat jawaban jujur kita dari beberapa pertanyaan yang ditampilkan di Forest menunjukan sebuah hasil yang sebelumnya nggak kita duga? Normalnya, kepribadian manusia terbagi menjadi dua, yaitu introvert dan ekstrovert. Kadang kita sering nggak yakin kalau kita masuk dalam salah satu dari kepribadian tersebut. Dengan adanya tes kepribadian, nggak jarang kita bakal mendapatkan hasil yang buat kita terkejut tentang diri kita yang sebenarnya.


Tau Bakat dan Potensi

(foto:Pinterest)

Jenis tes kepribadian seperti Forest banyak digunakan untuk psikotes jenjang perguruan tinggi. Salah satu alasannya adalah untuk memetakan dan mengenali lebih lanjut tentang bakat yang selama ini kamu miliki. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk diposisikan di tempat yang tepat. Kadang kita sering nggak sadar kalau kita punya potensi besar yang mungkin selama ini masih terpendam dan belum terungkap. Dengan adanya tes kepribadian, kamu akan sadar bahwa ternyata kamu suka dengan sebuah bidang yang nggak kamu sangka sebelumnya. Padahal, memaksimalkan potensi diri bisa membuat apa yang kita lakukan membuahkan hasil yang terbaik. Bahkan posisi duduk di kelas aja bisa menentukan gimana kepribadianmu loh! Coba disini. 


Jadi Bahan Introspeksi Diri

(foto:Pinterest)

Selain memunculkan banyak hal positif yang sebelumnya nggak diketahui, tes kepribadian juga mengungkap kekurangan seseorang sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya. Misal, dalam hasil tes ternyata menunjukan bahwa kamu seseorang yang ambisius. Bagi beberapa orang, sifat ambisius bisa jadi hal yang ditonjolkan, tapi tetap harus diikuti dengan sifat yang legowo dan nggak mudah menyimpan dendam. Nggak jarang sifat-sifat superior bakal menimbulkan masalah kalau kamu nggak cerdas untuk meng-handle dan menempatkannya dengan baik. Sifat-sifat seperti ini mungkin baru kamu sadari setelah mengikuti tes kepribadian yang ternyata bisa dideteksi melalui beragam cara, bahkan dari bekal yang kamu bawa sudah bisa ketahuan kok. Nih coba!


Mendeteksi Adanya Kelainan Mental

(foto:Pinterest)

Tes kepribadian adalah satu bentuk dari tes psikologi yang bisa mengungkap bagaimana diri kita yang sebenarnya. ragamnya pun banyak, mulai dari psikotes tulis sampai pengamatan behavior atau kelakuan sehari hari. Bahkan dengan mengikuti tes kepribadian, kita bisa mendeteksi tentang kesehatan mental kita, loh! Walaupun kita ngerasa bahwa jiwa kita nggak ada masalah, tapi siapa tahu kalau ternyata kita memiliki kesehatan mental yang kurang baik dengan kadar yang masih rendah. Dengan begitu, kita jadi lebih dini mendeteksi hal-hal buruk yang ada, sehingga kita jadi lebih gampang untuk mengambil tindakan yang tepat.

Editor: Kevin Christian


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!