zetizen.com - Kehidupan sekolah akan berbeda dengan rutinitas baru di dunia kampus. Buat sebagian mahasiswa, pasti bakal mengalami fase-fase yang cukup sulit karena keadaan 'baru' di sekitarnya, seperti homesick buat mereka yang merantau atau susah mengatur keuangan karena banyak tugas-tugas yang butuh barang-barang untuk dibeli. For your information, depresi dan stress itu berbeda, lho! Dilansir dari National Institute of Mental Health, depresi itu penyakit medis yang serius tapi umum dan bisa diobati. Jadi, apa aja sih college depression itu? Yuk, simak penjelasan Zetizen di bawah ini!

Apa sih College Depression Itu?

(foto:Unsplash)

College Depression adalah gangguan depresi yang bisa dialami seseorang waktu menempuh studi kuliah. Biasanya depresi ini bakal dialami para mahasiswa, apalagi yang baru masuk kuliah. Dari beberapa sumber memberikan informasi kalau depresi bisa menyebabkan terjadinya masalah emosional dan fisik. Buat mereka yang mengalami gangguan tersebut cenderung sering merasa sedih dan nggak memiliki semangat hidup.


Penyebabnya?

(foto:Unsplash)

Setelah beberapa pekan hidup di lingkungan baru, pasti kamu perlu beradaptasi. Menghadapi banyak tantangan baru, tekanan baru dan tanggung jawab yang lebih besar, pasti bisa bikin mahasiswa merasa stres. Unfortunately, nggak jarang dari mereka bisa sampai depresi karena 'shock’ dengan lingkungan yang baru. Selain itu, masalah lainnya seperti manajemen keuangan, sistem akademik, sampai body image bisa jadi alasan seseorang mengalami college depression.

Gejala yang muncul karena college depression itu bisa seperti sedih terus menerus, disconnected feelings, dan juga insomnia yang bisa bikin kamu sulit fokus sampai akhirnya tubuh jadi gampang lemes, nggak bertenaga dan selalu terasa sakit. Selain itu, rasanya males banget buat bangun tidur.


Solusi!

Menghirup udara segar dan melepas penat bersama teman-teman bisa jadi menyembuhkanmu. (foto:www.unsplash.com)

Minta saran ke Psychotherapist

Kalau kamu merasa mengalami college depression, kamu bisa coba ngobrol serius tentang keadaan kamu dengan orang yang terpercaya. Nggak usah ragu buat minta bantuan atau langsung minta saran ke psychotherapist untuk melakukan treatment yang bisa bantu menyembuhkan depresi yang kamu rasa.

Coba dengan Ecotherapy

Selain ke psychotherapist, kamu juga bisa coba alternatif ecotherapy. Buat kamu yang penat dengan kehidupan kota, kamu harus coba yang satu ini, deh! Kamu cuma perlu datang ke suatu tempat yang rindang, banyak pepohonan yang asri dan menghabiskan waktu di alam, seperti hiking atau jalan-jalan ke perbukitan. Dari berbagai penelitian, cara yang satu ini cukup ampuh, lho! Bisa sekalian jalan-jalan, kan?

Olahraga yang ringan

Biasanya kalau udah sibuk rasanya males banget berolahraga. Coba atur waktu lagi untuk sempatkan berolahraga. Dengan olahraga yang nggak terlalu berat, kamu juga sudah bisa mempengaruhi dorongan emosional kamu. Salah satu contohnya adalah jalan kaki ke kampus. Nah, untuk selanjutnya, kamu bisa coba olahraga yang lain dan ajak teman-temanmu. Semoga berhasil, ya!

Editor: Kevin Christian


Share
Create Your Own Article!