Zetizen.com - Statement Agnes Mo yang mengatakan bahwa dia nggak memiliki darah Indonesia saat diwawancarai oleh media Amerika ternyata cukup bikin gempar netizen Indonesia. Tidak berdarah Indonesia bukan berarti nggak punya rasa cinta terhadap tanah air, ya. Hidup dan lahir di Indonesia secara nggak langsung akan membuat perilaku ke-Indonesia-anmu timbul. So, kamu tetaplah orang Indonesia kalau masih melakukan beberapa hal di bawah ini.

 

Makan Pakai Tangan

(foto:Pinterest)

Siapa yang setuju kalau makan pakai tangan langsung itu bakal lebih nikmat? Yap, apalagi makanan-makanan asli Indonesia seperti Nasi Padang, Pecel Lele atau Lalapan Ayam Goreng. Rasanya bakal kurang afdol kalau makanan-makanan tersebut dimakannya pakai sendok dan garpu. Makan pakai tangan langsung sebenarnya jadi kebiasaan beberapa negara di Asia, terutama Indonesia. Di Indonesia, saat acara tradisi kedaerahan pasti lebih sering makan tanpa sendok secara bersama-sama. Selain menambah kenikmatan makanan, kegiatan itu juga bisa makin merekatkan hubungan dengan sesama. Jadi, kalau kamu lebih milih makan pakai tangan langsung, terbukti darah Indonesia udah mengalir dalam tubuhmu.


Bilang OTW Tapi Masih Rebahan

(foto:Pinterest)

Bukan rahasia umum lagi kalau 'ngaret' adalah kebiasaan orang Indonesia. Jadi, buat kalian yang sering bilang OTW padahal masih nonton TV di kamar, kamu fix orang Indonesia! Walaupun terkesan negatif, tapi kebiasaan ini emang sangat lumrah terjadi di Indonesia. Kalau dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya yang terkesan lebih menghargai waktu, Indonesia masih terbilang suka mengulur-ngulur waktu. Kebiasaan membuang-buang waktu ini juga tergambar dari kebiasaan suka basa-basi dan nggak to the point saat akan menyampaikan sesuatu.


Nggak Kenyang Kalau Belum Makan Nasi

(foto:Pinterest)

Anak kosan adalah sebenar-benarnya rakyat Indonesia. Karena pasti akan bilang “belum makan” kalau belum makan sebutir nasi saja. Makan nasi dengan lauk mie instan? Udah biasa. Tipikal orang Indonesia yang menganggap nasi adalah satu-satunya sumber makanan, sepertinya bikin heran negara asing. Tapi ini wajar kok, karena makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Jadi, kalau kamu masih belum kenyang juga kalau belum makan nasi, ya kamu sah memiliki jiwa nasionalis sejati.


Susah Nagih Utang Teman

(foto:meme creator)

Nggak enakan adalah sifat orang Indonesia. Karena dasarnya adalah orang yang ramah, kadang malah sungkan sendiri kalau mau nagih sesuatu ke orang lain. Selain yang ditagih kadang lebih galak, pasti kamu juga suka takut orang lain tersinggung dengan apa yang kamu lakukan. Sifat-sifat seperti ini adalah murni milik masyarakat Indonesia. Keramahan ini udah diakui negara-negara asing loh. Saking ramahnya, utangnya akhirnya di ikhlasin aja biar meminimalisir pertengkaran. Siapa yang sering kayak gini?


Dikit-dikit Nongkrong

(foto:Pinterest)

Santai dikit nongkrong. Sumpek dikit nongkrong. Apapun perasaannya, nongkrong adalah agenda wajib buat menyegarkan pikiran. Ini wajar kok, karena orang Indonesia itu emang terkenal suka berkumpul bersama buat saling bertukar pikiran atau sekedar menjadi silaturahmi aja. Bahkan nggak jarang dalam sehari gonta-ganti tongkrongan buat ketemu orang yang berbeda. Kalau dalam takaran yang tepat, kegiatan ini positif banget deh. Angkringan yang tersebar di mana-mana juga jadi bukti kalau orang Indonesia hobi nongkrong.

Cek beberapa ciri-ciri diatas supaya makin yakin kalau kamu adalah orang Indonesia tulen. Apakah menjadi orang Indonesia benar-benar harus terikat dengan sebuah darah? Padahal saudara aja nggak harus sedarah.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!