Zetizen.com - Selain ketemu mantan, hal lain yang bikin deg-degan adalah daftar Perguruan Tinggi Nasional (PTN) yang kamu inginkan. Fortunately, Kemendikbud baru aja merilis website LTMPT a.k.a Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang bakal memudahkanmu selama proses pendaftaran sampai tes menuju PTN. Worry no more! Zetizen sudah menyiapkan 4 tips yang bikin jalanmu makin mulus menuju PTN favoritmu!

Daftar di Waktu yang Strategis

(foto:exo.work)

Pendaftaran LTMPT dimulai hari ini (2/12). Tapi, banyak gosip yang bilang kalau mendingan daftar menjelang penutupan periode membuka peluang diteirma di PTN favorit lebih besar. Padahal, enggak juga loh. Dilansir dari Jawa Pos, ketua LTMPT Ravik Karsidi bilang kalau pelajar lebih baik mendaftar sesuai jangka waktu yang disediakan. “Daftar di akhir periode dikhawatirkan bakal muncul hambatan yang nggak diharapkan,” ujarnya. So, segera daftar, ya!


Tentukan Pilihanmu Sebelum Daftar

(foto:Pinterest)

LTMPT bakal merapkan sistem single sign on. Artinya, satu siswa bakal punya satu akun. Nah, sebelum sign on atau mendaftar, pastikan kamu sudah menentukan pilihan. Hindari bengong di depan komputer atau gadget ketika akan memilih. Sistem seperti itu bakal bikin kamu asal memilih karena dikejar waktu dan nggak tahu lagi mau milih daftar ke mana. Akhirnya peluang diteirma di PTN favorit lebih sedikit, deh. Bicarakan dan diskusikan dengan wali kelas dan oragntua. Jadi ketika mendaftar, kamu tinggal klik pilihan-pilihanmu.


Cari Peluang

(foto:ProductNation)

Sistem pemeringkatan masih digunakan untuk jalur masuk PTN tahun 2020. Artinya, para peserta akan diurutkan sesuai peringkat untuk diteirma di PTN favorit . Sistem ini berfungsi untuk mengerucutkan peluang SNMPTN. Dengan sistem ini, kamu bakal punya strategi baru. Universitas dengan jurusan mana yang harus kamu pilih sesuai nilai. Selain itu, kamu juga bisa melihat siapa teman di sekolah yang punya pilihan yang sama. Dari situ, kamu bisa membandingkan nilai dan sertifikat yang kamu punya. Perbandingan ini akan berpengaruh pada probabilitasmu diterima di universitas tujuanmu. So, semangat menentukan strategi, ya!


Share
Create Your Own Article!