Zetizen.com - Jepang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Selain karena pengaruh anime dan manga, budaya juga menjadi salah satu alasan kenapa orang harus berkunjung ke Jepang. Biasanya, kota yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Tokyo. Selain karena ibukota Jepang, Tokyo menyimpan banyak sejarah dan budaya. Salah satunya agenda wajib adalah jalan ke kuil-kuil. Di Tokyo, ada banyak sekali kuil yang bisa dikunjungi secara gratis oleh wisatawan. Salah satu yang paling terkenal adalah Meiji Jingu Shrine dan Sensoji Temple. Ternyata, dua kuil terkenal ini punya banyak perbedaan dan keunikah loh. Sebelum memutuskan mau kemana, yuk pertimbangkan beberapa hal berikut ini!

Lokasi

Meiji Shrine (atas) Sensoji Temple (bawah) (foto:dok. pribadi )

Meiji Jingu Shrine atau biasa disebut Meiji Shrine terletak di daerah Shibuya dan dekat dengan Harajuku. Tempat tersebut dikenal penuh dengan kartun dan seni Jepang. Kuil ini dekat dengan Stasiun Harajuku, sehingga kamu hanya perlu jalan kaki untuk sampai ke Meiji Shrine.

Berbeda dengan Meiji Shrine, Sensoji Temple terletak di Asakusa dan juga dekat dengan Stasiun Asakusa, sehingga kamu juga bisa berjalan kaki untuk menuju Sensoji Temple. Selain itu, kamu juga bisa melihat Tokyo Skytree karena keduanya terletak di lokasi yang sama.


Sejarah

Area sepanjang kuil dipenuhi pengunjung (foto:dok. pribadi )

Meiji Shrine merupakan kuil Shinto yang didirikan pada masa Kaisar Meiji pada abad ke-20 untuk menghormati jasanya. Sedangkan Sensoji Temple merupakan kuil Buddha yang didirikan pada abad ke-6 pada masa Kaisar Edo untuk pemujaan Dewi Kannon, sang welas asih. Bisa dibilang, Sensoji Temple merupakan kuil yang sangat tua jika dibandingkan Meiji Shrine.

Selama berada di Sensoji Temple, kamu akan melihat dominasi berwarna merah mulai dari bangunan kuil hingga pedagang di sepanjang jalan. Selain itu, kamu perlu mencuci tangan saat memasuki Meiji Shrine, sedangkan di Sensoji Temple, kamu tidak perlu melakukannya. Hal ini karena Meiji Shrine merupakan kuil Shinto, sehingga tidak hanya Meiji Shrine saja, kalau mengunjungi kuil Shinto pastikan kamu mencuci tanganmu sebelum masuk ke area kuil.


Pertunjukan yang Bisa Dinikmati

Wall of Hope vs Fortune Teller (foto:dok. pribadi )

Sebelum memasuki area kuil, kamu akan disambut oleh Torii Gate di Meiji Shrine dan lampion raksasa di Sensoji Temple. Dua “gerbang” ini merupakan ikon dari masing-masing kuil, sehingga kamu harus mengabadikan momen disini sebelum masuk ke area kuil. Setelah masuk, kamu akan menikmati hamparan pepohonan yang sejuk di Meiji Shrine. Meiji Shrine memang kuil yang dipenuhi oleh pepohonan ginko. Sedangkan di Sensoji Temple kamu akan melihat pemandangan yang 180° berbeda.

Sepanjang jalanan menuju kuil, ada banyak sekali pedagang dan barang-barang jualan, mulai dari kuliner, souvenir, sewa kimono, dan pernak-pernik Jepang. Selain itu, saat berada di dalam kuil jangan lupa untuk bermain fortune teller, dimana kamu akan mendapatkan kertas berupa ramalan baik dan buruk. Well, jika di Meiji Shrine kamu merasakan pemandangan Tokyo yang tidak biasa, di Sensoji Temple kamu bisa merasakan betapa metropolitannya Tokyo dengan keramaian orang-orang di setiap sudut.


Daya Tarik

Arsitektur Bangunan (foto:dok. pribadi )

Meiji Shrine menawarkan suasana Jepang yang “kental” dengan suasana tradisionalnya. Berbeda dengan Sensoji Temple, ibarat Menara Eiffel di Paris disini, Sensoji Temple akan memberikan suasana turistik di sekeliling kuil. Kalau beruntung, kamu bisa melihat wedding ceremony di Meiji Shrine. Selain itu, pengunjung biasanya menuliskan harapan mereka di sebuah papan yang kemudian digantungkan di sekitar kuil. Tempat ini sangat santai dan khusyuk. Ketika kamu berjalan ke kuil, kamu akan merasakan sensasi seperti berjalan ke hutan mini, yang memberikan rasa tenteram di dalam diri. Kalau di Sensoji Temple, seiring berjalannya waktu kuil ini sudah menjadi ikon pusat wisata, Sehingga wisatawan dari berbagai belahan dunia pasti berkunjung kesini. Suasana turistik yang kental dengan banyaknya pedagang di sepanjang kuil dan wisatawan yang berfoto menggunakan kimono akan kamu temukan selama berada di Sensoji Temple.

*

Demikianlah hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan berkunjung ke kedua kuil tersebut. Kalau kamu ingin menghindar dari hiruk-pikuk kota Tokyo yang sibuk dan ramai, tentu Meiji Shrine bisa menjadi tempat persinggahan yang tepat. Tetapi, tidak puas rasanya jika belum mengunjungi Sensoji Temple yang berada di Asakusa. Selain karena Asakusa merupakan pusat wisata, Sensoji Temple memberikan suasana yang sibuk namun serius. Hal ini semakin menarik banyak wisatawan asing untuk datang. Hal lain yang harus dilakukan saat berada di kedua kuil ini adalah jangan lupa untuk mengikuti ritual berdoa dengan melempar koin dan mengucapkan doamu!


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!