Zetizen.com - Liburan sebentar lagi! Setelah penat dengan beragam aktivitas di tahun ini, nggak ada salahnya untuk holiday tipis-tipis sebagai reward ke diri sendiri. Eits, jangan takut budget membeludak saat liburan. Beberapa travel hacks dibawah ini bakal jadi pencerahan buat kalian yang mau liburan praktis dan irit.

 

Ikut Open Trip

(foto:Greece Travel)

Sekarang banyak banget penyedia jasa yang buka open trip alisan tur wisata dengan fasilitas lengkap plus harganya yang miring. Enaknya ikut open trip adalah segala keperluan seperti transport, tiket masuk ke tempat wisata, makanan bahkan penginapan udah diurus oleh penyedia jasa. Jadi kamu cukup bawa badan aja. Open trip tergolong lebih murah karena jumlah peserta yang akan ikut tur wisata ini sudah terhitung jumlahnya. At least ini lebih memangkas biaya transportasinya. Karena bareng-bareng dengan wisatawan lain, otomatis kamu juga bisa main nambah relasi baru loh. Wisata yang bakal kamu datengin juga udah terjadwal, fix ini bakal mempermudah dan pastinya menekan ongkos liburanmu.


Buka Semua Aplikasi Booking

(foto:Pinterest)

Tiap aplikasi booking punya promonya masing-masing. Bahkan hotel yang sama akan punya harga yang berbeda di tiap-tiap aplikasi. Jadi buat kamu yang pengin cari kesempatan tiket atau hotel murah buat liburan, coba kamu cek harganya di beberapa aplikasi booking. Dengan begitu, kamu bakal punya pertimbangan dan mudah buat milih aplikasi mana yang punya harga terbaik.


Liburan Ramai-ramai

(foto:YouTube)

Konsepnya hampir sama dengan open trip, cuma cara ini bisa kamu lakukan bareng temen-temen yang kamu kenal. Biasanya biaya akomodasi itu paling banyak di keluarin. Nah, biar bisa hemat saat menginap di hotel, kamu bisa barengan sama temen-temen untuk patungan. Tapi kamu tetap harus perhatiin batas maksimal tamunya ya supaya nggak kena charge tambahan. Kalau kamu liburan dengan transportasi pribadi, ongkos untuk bensi juga bisa kamu bagi. So, selain liburan jadi makin seru, bareng temen-temen juga bisa menghemat biaya akomodasimu.


Jalan Kaki Kayak Turis

(foto:Pinterest)

Buat backpacker, nyewa motor atau mobil di kota yang dituju mungkin jadi pilihan. Tapi kalau keadaan kota yang kamu kunjungi sangat welcome dengan pejalan kaki, sepertinya jalan kaki mengelili kota  bisa jadi cara menghemat ongkos liburanmu. Selain hemat dan sehat, kadang kamu bisa menemukan hidden gems yang nggak akan kamu temui kalau kamu menggunakan transportasi lainnya. Jalan kaki juga bisa mendekatkan kamu dengan warga lokal. Dijamin liburanmu bakal lebih valueable deh!


Maksimalkan Transportasi Umum

(foto:Pinterest)

Kalau mager buat jalan, kamu juga bisa menggunakan transportasi umum yang ada di kota tersebut. Untuk di Indonesia sendiri, udah banyak kok kota-kota yang memaksimalkan moda transport daerah yang ditujukan untuk memfasilitasi wisatawan. Bahkan beberapa kota menyediakan transport gratis yang akan membawa kamu menuju tempat wisata di kota tersebut. Jadi kamu nggak perlu lagi untuk ngeluarin uang transport.


Bikin Jadwal

(foto:Pinterest)

Sebelum berangkat, alangkah baiknya kalau kamu buat jadwal mana aja tempat yang akan kamu kunjungi alias travel plan. Coba tulis berapa lama, kemana dan bagaimana kamu akan melakukannya. Dengan begitu kamu bakal tau estimati biaya yang akan kamu keluarkan. Jadwal yang rinci juga bakal ngebantu kamu buat memaksimalkan waktu-waktu liburan. Jadi kamu nggak akan terkesan wasting time karena bingung setelah ini mau kemana. Hayo siapa yang sering gini?


Pikir Dua Kali Saat Bawa Oleh-oleh

(foto:Pinterest)

Menurutmu oleh-oleh itu wajib nggak sih? Kalau kamu memutuskan buat bawa oleh-oleh saat selesai liburan, pastiin kamu punya dana tersendiri sehingga nggak mengganggu keuanganmu selama liburan. Kamu juga boleh kok untuk berfikir dua kali saat membeli oleh-oleh, seperti siapa aja dan apa yang akan kamu berikan. Yang terpenting adalah, jangan sampai niatmu bersenang-senang jadi gagal karena dananya justru dialokasikan untuk beli oleh-oleh, ya. It's not fair.

 


Cari Untung Lewat Vlog

(foto:Pinterest)

Punya hobi narsis bakal rugi kalau nggak dikembangin. Kalau kamu tipe yang suka mendokumentasikan momen liburanmu a.k.a nge-vlog, yuk skalian aja di upload ke YouTube. Kalau video-mu menarik dan jumlah viewers-mu banyak, pasti akan banyak sponsor yang masuk ke akun YouTube-mu loh. Bahkan beberapa agen wisata juga bakal ngasih kamu trip gratis hanya dengan modal video-mu aja. So, liburan selanjutnya nggak perlu pusing mikirin ongkos lagi kan.


Share
Create Your Own Article!