Zetizen.com - Dalam sebuah hubungan, mustahil kalau nggak menemukan kecemburuan atau kecurigaan satu sama lain. Layaknya bumbu, pertengkaran atau masalah bisa bikin hubungan lebih berwarna karena nggak hambar. Eh tapi gimana kalau cemburunya udah kelewat batas? FYI, fenomena ini juga biasa dikenal dengan istilah green eyed monster. Hayo, apakah pasanganmu salah satunya?

Gimana nih hubungan kamu sama si doi? lagi aman aja kan? (foto : unsplash.com)

Green Eyed Monster adalah…

Kalau kata kamus Oxford, green eyed monster adalah istilah yang biasa dipakai buat menyebut rasa cemburu yang sudah sampai dalam skala yang berlebihan. Kalau perasaan tersebut sudah sampai menumpuk dan cuma dipendam, bisa jadi bom waktu yang memicu orang tersebut buat melakukan banyak hal yang alih-alih mempertahankan hubungan tapi malah bisa merusak hubungan tersebut.

Rasa cemburu juga sebuah reaksi emosional terhadap ancaman yang ditakutkan mungkin akan terjadi dalam suatu hubungan. Selain itu, rasa cemburu sering terjadi kalau orang terdekat memberikan perhatian lebih buat pihak lain.

Rasa cemburu juga bisa terjadi mulai dari hubungan persahabatan, sampai hubungan keluarga. Nggak selamanya buruk, dalam situasi dan porsi yang pas rasa cemburu memang perlu ada di dalam sebuah hubungan.

Gimana nih hubungan sama sahabat? (foto: unsplash.com)

Gimana sih cara mengatasinya?

Rasa cemburu nggak bisa sepenuhnya dihindari dan bahaya juga kalo disembunyikan sampai berubah jadi perasaan takut sampai bikin kalian stres. Rasa cemburu bisa menjadi masalah atau  nggak itu bergantung kayak gimana seseorang mengontrolnya. Biar nggak merusak sebuah hubungan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan buat mengatasi rasa cemburu biar nggak berlebihan, seperti:

  1. Sampaikan Perasaanmu dengan Jujur

Pasti rasanya bakal capek kalau cemburunya dipendam sendiri. Jadi, ada baiknya mulai jujur dan terbuka buat menyampaikan perasaan yang lagi dirundung cemburu. Dengan begitu, nggak ada bom waktu yang bakal merugikanmu dan juga orang lain. Sikap terbuka bakal memudahkan kamu karena secara nggak langsung bisa mengurangi beban pikiran.

Coba untuk berbicara empat 4 nggak ada salahnya kok. (foto: unsplash.com)
  1. Stop Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Disadari atau enggak, sebenarnya rasa cemburu ada karena kamu dalam posisi terancam. Bisa jadi kamu di bawah perasaan takut bakal tergantikan, atau karena merasa underestimate alias nggak percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu mulai membangun rasa percaya diri. Selain itu, kamu bisa meyakinkan diri sendiri kalau kamu baik dan worth it.

  1. Postive Thinking aja!

Seringkali rasa bosan menimbulkan perasaan overthinking. Dampaknya, muncul pikiran-pikiran yang nggak jelas. Sebelum hal itu terjadi, kamu bisa  melakukan aktifitas yang bermanfaat. Mulai dari itu kalian menanamkan pikiran yang positif, bisa fokus berkegiatan dan nggak gampang overthinking.

Nonton konser bisa jadi alternatif nih buat kamu yang lagi bosen biar nggak selalu dirundung negatif thingking. (foto: unsplash.com)
  1. Cek lagi hubungan kamu

Kalau rasa cemburu udah nggak bisa dibendung dan nggak ada respon positif dari orang terdekat, rasanya kamu perlu buat memeriksa lagi hubungan yang sedang dijalani.

 

Share
Create Your Own Article!