Zetizen.com – Kalau kamu termasuk follower selebgram Medina Zein, mungkin kamu tercengang ketika mendengar berita penangkapannya. Medina Zein ditangkap karena positif mengonsumsi Amfetamin. Mendengar berita ini, banyak orang langsung menghujani kolom komentar Instagram Medina dengan berbagai pendapat. Nah, daripada kamu jadi salah satu orang yang ikut mencemooh, yuk cari tahu dulu beberapa alasan kenapa amfetamin termasuk jenis narkoba yang ilegal.

 

Obat Trauma

(foto:Instagram.com/medinazein)

Sherlockian (pecinta tokoh fiksi Sherlock Holmes) pasti ingat episode pertama dari Sherlock Holmes series di versi British. Dalam series tersebut, diceritakan kalau John Watson (Martin Freeman) dilingkupi rasa takut dan trauma karena bertahun-tahun berperang di Afghanistan. Untuk mengurangi rasa trauma itu, Watson harus mengonsumsi amfetamin. Obat tersebut ditujukan untuk mengurangi rasa trauma sekaligus untuk membuat tubuh rileks.

Bahkan, amfetamin juga digunakan untuk menangani PTSD alias Post-traumatic Stress Disorder bagi veteran perang di kalangan militer Amerika Serikat. Menurut Better Health, pengguna amfetamin kebanyakan berasal dari mereka yang memiliki masalah denan pasangan, sedang dalam persiapan ujian atau tekanan studi, maupun dalam gangguan mental lainnya. Karena itulah amfetamin termasuk jenis narkoba yang ilegal karena dalam dosis tanpa resep dokter digunakan untuk menghilangkan rasa trauma atau hanya sekedar melepaskan stress. Nah, baru-baru ini, lewat akun Instagramnya Medina secara terang-terangan mengaku bahwa Ia merupakan pengidap Bipolar Disorder tipe dua. Banyak yang berspekulasi penggunaan amfetamin ini terkait dengan pengobatannya sebagai pengidap penyakit mental tersebut.


Bikin Istirahat

(foto:Instagram.com/medinazein)

Pernah kenal istilah 3 AM Thoughts? Istilah itu dikenal untuk mendeskripsikan pikiran-pikiran yang muncul tiap dini hari pukul 3 pagi. Khusus untuk penderita insomnia, kondisi ini tentu terasa memberatkan. Menurut Korn Ferry Study, sebanyak 66% pekerja di Amerika mendapatkan dampak dari stress karena 2 AM Thoughts ini. Kurang tidur jadi dampak utamanya. Karena kurang istirahat, nggak heran kalau muncul pemikiran negatif seperti menurunnya kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

Alhasil, banyak orang mencari cara tercepat untuk menyelesaikan berbagai masalah tersebut. Amfetamine is the answer! Dalam jurnal bertajuk Potential Adverse Effects of Amphetamine Treatment on Brain and Behavior: A Review yang ditulis oleh Steven Berman, Ronald Kuczenski, James T. McCracken dan Edythe London, jenis obat ini digunakan untuk para pengidap ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) untuk anak-anak. Kandungan dalam amfetamin dinilai mampu mengistirahatkan tubuh. That's why amfetamin termasuk jenis narkoba yang ilegal. Mengonsumsi amfetamin membuat orang berharap anxiety dan berbagai kegelisahan karena kurang istirahat dapat berkurang.

Media dikenal sebagai sosok yang sukses. Tahun lalu, namanya masuk ke dalam Top 50 Inspiring Women oleh Majalah Warta. Ia dikenal sebagai pemilik MD Glowing Skin serta MZ Tour and Travel. Penggunaan amfetamin kerap kali dikaitkan dengan kesibukannya yang menggunung sehingga Medina kurang beristirahat.


Mengontrol Berat Badan

(foto:psychemedic)

Banyak orang bilang mengontrol asupan makan sangat jauh lebih baik daripada minum obat pelangsing. Berdasarkan jurnal yang ditulis oleh Stanley Harris berjudul The Mechanism of Amphetamine-Induced Loss of Weight, mengonsumsi amfetamin layaknya makan buah simalakama. Berat badanmu memang bakal berkurang, tapi kamu membuka pintu selebar-lebarnya untuk banyak jenis penyakit seperti ketergantungan. Karena ketika kamu berhenti mengonsumsi amfetamin, kamu bakal merasa capek, sedih dan depresi berkepanjangan. Belum lagi kurangnya rasa percaya diri yang disebabkan oleh kenaikan berat badan. Selain masalah mental, berhenti mengonsumsi amfetamin bakal bikin kamu demam dan deg-degan terus menerus. Dilansir dari US News, sebanyak 42 persen remaja di United States pernah mengonsumsi amfetamin untuk berbagai fungsi. Misalnya untuk menambah semangat belajar, meningkatkan stamina, melupakan rasa letih hingga untuk diet.


Share
Create Your Own Article!